Syukri, Syukri (2010) Pembelajaran agama bersifat konkrit. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, 2 (1). pp. 15-30. ISSN 2085-7365

[img] Text (Artikel)
FITRAH vol 2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Relasi sains dan agama Islam sudah final bahwa keduanya tidak ada pertentangan. Namun epistemologi di tingkat aplikasi bubungan sains dengan pembelajaran bersifat Islamis belum dapat diformulasikan dengan baik. Persoalannya para pemikir pendidikan dan pengajaran Islam belum sepakat bahwa pengajaran agama yang bersifat dogmatis dan rasional masih diperdebatkan. Kalangan traditional belum sepenuhnya mampu menerima rationalisasi dalam ranah agama, sementara kalangan modernis dinilai menerima agama secara rasional dalam ranab agama juga belum mampu merumuskan operasionalisasi pengajaran islamis rasional-ilmiah. Padahal dunia pendidikan Islam sangat mendesak membutuhkan pemikiran monumental dalam kajian teologis rasional dalam proses pengajaran agama baik tingkat menengah maupun tinggi. Desakan ini sebagai refleksi tuntutan perkembangan sains dan teknologi bersifat rational empiris ilmiah, bukan lagi sekedar wacana dan romatisme keunggulan sejarah masa lalu. Salah satu tawaran rasionalisasi pembelajaran agama adalah menampilkan pengajaran agama secara konkrit berupa ritualitari (animasi, gambar mati, alat peraga dan lain-lain) di tingkat pendidikan menengah dan dukungan analisis data berapa grafik, matriks, flow chart, bagan dan sebagainya di perguruan tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pendidikan; pembelajaran; Islam; konkrit,dan sains
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 22 Feb 2022 03:38
Last Modified: 22 Feb 2022 03:38
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1007

Actions (login required)

View Item View Item