Syukri, Syukri (2014) Esensi pendidikan karakter dalam perspektif Islam. El-Hikmah: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 8 (1). pp. 46-58. ISSN 2086-3594
![]() |
Text (Artikel Jurnal)
el Hikmah vol 8.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Pendidikan karakter identik dengan pendidikan akhlak. Keduanya memiliki kesamaan tujuan yaitu membentuk watak atau sifat manusia. Dalam Islam, esensi pendidikan karakter dilakukan pada masa kanak-kanak yaitu antara 0 sampai 10 tahun. Usia ini merupakan usia penentu pembentukan karakter baik dan buruk manusia, sebagai peletak dasar bagi pembiasaan karakter yang akan dijalani selama hidupnya. Usia remaja dan dewasa hanya membiasakan karakter yang sudah terbentuk sejak masa kanak kanak. Bagi Islam, tujuan utama pembentukan dan pendidikan manusia yaitu memahami etika kehidupan sebagai bekal hidup berdampingan dengan sesama manusia dan makhluk lain di alam raya dan terbiasa menyembah Allah dengan segala aturannya. Dua karakter utama yang hendak dibentuk perspektif Islam adalah manusia muslim yang senantiasa berzikir beribadah kepada Allah dan berbudi pekerti mulia terhadap semua makhluk ciptaan Allah di langit dan di bumi baik alam nyata maupun alam gaib
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan karakter; watak; perbuatan baik; perbuatan buruk |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | mrs Nuraeni S.IPi |
Date Deposited: | 22 Feb 2022 07:24 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 07:24 |
URI: | http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1008 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |