Syukri, Syukri (2021) Teori belajar al-bayan berbasis Al-Qur'an. Sanabil, Mataram. ISBN 978-623-317-218-218-9

[img] Text (Buku)
57. Dr Syukri_teori al-Bayan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Buku ini berjudul „Teori Belajar Al-Bayān Berbasis al-Qur‟an Dan Pendidikan Kontemporer‟ terdiri dari 14 bab. Bab pertama membahas secara umum masalah pendahuluan berisi latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, metodologi (pemecahan masalah), dan kajian teoritis. Bab kedua masalah latar belakang kehadiran teori belajar al-bayān, di dalamnya dibahas dua hal yaitu istilah al-bayān dalam berbagai perspektif dan latar belakang lahirnya teori belajar albayān. Bab ketiga pengertian teori belajar al-bayān, di dalamnya diuraikan masalah pengertian teori belajar al-bayān, ruang lingkup teori belajar al-bayān, tujuan mempelajari teori belajar al-bayān, dan manfaat mempelajari teori belajar al-bayān. Bab keempat membahas masalah landasan ontologis teori belajar al-bayān, yang di dalamnya mengandung uraian tentang hakikat belajar menurut surat an-nahl ayat 78 dan tinjauan ilmu kedokteran, tahapan belajar menurut surat annahl ayat 78, dan hakikat belajar menurut surat ar-rahman (al-bayān). Bab kelima mengulas masalah landasan epistemologi teori belajar albayān, di dalamnya diurakan konsep dasar teori belajar al-bayān .b.rekonstruksi teori belajar al-bayān dalam al-Quran proses pembelajaran disajikan secara faktual (teori minor pertama), materi gaib dan abstrak disajikan melalui perumpamaan (teori minor kedua), kata kerja allama selalu dirangkaian obyek faktual (teori minor ketiga), dan konklusi teori belajar al-bayān. Bab keenam membahas masalah landasan aksiologi teori belajar al-bayān dalam al-Quran, di dalamnya diuraikan tentang hasil eksperimen materi sejarah islam modern, hasil eksperimen materi MKPAI, hasil eksperimen materi belajar dan pembelajaran, dan hasil eksperimen materi fisafat ilmu. Bab ketujuh berkaitan dengan verifikasi teori belajar al-bayān, di dalmnya diuraikan dua hal yaitu teori media dan teori memory. Bab kedelapan menjelaskan masalah asas-asas pembelajaran teori belajar al-bayān, yang di dalamnya diurikan tentang asas peragaan asas perhatian, asas pengulangan, asas keaktifan, dan pengalaman langsung. Bab kesembilan tentang aplikasi teori belajar al-bayān dalam pendidikan kontemporer, di dalamnya diuraikan masalah penerapan teori belajar al-bayān dalam pendidikan Islam kontemporer dan penerapan teori belajar al-bayan dalam pendidikan umum kontemporer. Bab kesepuluh kelebihan teori belajar al-bayān.Bab kesebelas membahas masalah model sap/rpp/rps pembelajaran albayān. Bab kedua belas menguraikan masalah sistem evaluasi pembelajaran dalam teori belajar al-bayān. Bab ketiga belas teori belajar al-bayān cocok dengan arah pembelajaran era industri 4.0. Bab keempat belas merupakan akhir dari seluuh rangkaian pembahas dan menimpulkan smua pembahasan dalam buku ini.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: al-Bayan; teori belajar; Surat An-Nahl
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 02 Mar 2022 06:54
Last Modified: 02 Mar 2022 06:54
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1027

Actions (login required)

View Item View Item