Husein, Sudi Yahya (2019) Linguistik terapan & pembelajaran bahasa arab diterjemahkan dari buku: علم اللغة التطبيقي وتعليم اللغة العربية. IAIN Pontianak Press, Pontianak. ISBN 978-623-7167-48-8

[img] Text (Buku)
FTK-PBA-Sahrani & Sudi Yahya-Linguistik Terapan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (635kB)

Abstract

INDONESIA Bahasa Arab telah melewati serjarahnya sejak ratusan tahun lalu, para penuturnya mempelajari, lalu mengajarkannya kepada bangsa lain melalui eksperimen historisnya yang begitu unik, pastilah ada satu metode pembelajaran yang kita belum mampu menemukan dan mengungkapnya hingga hari ini. Tidak diragukan bahwa negeri dan bangsa Arab mengerti betul dimana posisi bahasa mereka, berbagai usaha untuk menjaga dan melestarikannya telah dilakukan. Akan tetapi, di sisi lain, tidak pula bisa dibantah bahwa pembelajaran bahasa Arab untuk generasi sekarang memunculkan berbagai problem dan keluh kesah yang berkepanjangan, keadaan ini tidak perlu ditutupi atau kita berpura-pura tidak tahu seolah-olah tidak terjadi suatu apapun. Krisis ini tidak hanya terjadi pada batas lingkungan atau wilayah tertentu, akan tetapi sejauh yang kami amati fenomena ini umum terjadi di dunia Arab. Tidak ada salah mengakuinya, karena pengakuan adalah langkah awal perbaikan. Menjadi masalah jika kita diam dan tidak tersinggung saat sebagian orang memprovokasi dan memperkeruh bahwa bahasa Arab (lah) justru yang menjadi penyebab semua krisis dan keterbelakangan yang terjadi. Pernyataan ini tentu sama sekali tidak logis, terlalu mengada ada dan tidak ilmiah; karena bahasa Arab adalah bahasa alami, sama seperti bahasa-bahasa lain di dunia, yang menjadi perdebatan di sini adalah mengenai pembelajaran, bukan masalah bahasa itu semata. Kini kita berada di era ilmu pengetahuan, segala hal yang terajadi dapat dijelaskan berdasarkan prinsip dan metodologi ilmiah, tidak baik berdiam atau mengasingkan diri bila ada jalan yang mengarah kepada perbaikan dan kemajuan. Begitu pula terkait pembelajaran bahasa yang telah menjadi satu disiplin ilmu yang memiliki kaidah dan metodologinya sendiri. Berbagai kajian dan penelitian terus menerus dilakukan oleh bangsa dan masyarakat maju, hal itu begitu memggembirakan karena membuka dimensi baru, menyingkap berbagai tabir dan misteri yang sebelumnya tidak diketahui, sehingga kita dapat saksikan dampak yang sangat besar di bidang pembelajaran bahasa, baik bagi penutur asli ataupun untuk pembelajaran bahasa asing. Linguistik Terapan, atau Ilmu Bahasa Terapan adalah disiplin ilmu yang memiliki banyak dimensi, memanfaatkan berbagai disiplin ilmu lain yang terkait dengan salah satu aspek bahasa itu sendiri; karena kita sadari bahwa pembelajaran bahasa terkait dengan banyak hal dan banyak faktor, seperti kebahasaan, psikologi, sosial dan pendidikan. Pada buku ini ada tujuh pembahasan, dimana pembahasan I dan II dikhususkan mengenai malasah definisi Linguistik Terapan dan sumber-sumber ilmiahnya, sementara pada tiga pembahasan berikutnya dipapaarkan mengenai beberapa disiplin ilmu lain yang merupakan cabang yang amat penting, yaitu : Komparasi Eksternal, Kontrastif Analisis, Eror Analisis, Memilih dan Menyusun Materi Ajar. Lalu pada pembahasan terakhir kami rasa perlu untuk menambahkan tema Pembelajaran Bahasa Arab, baik bagi penutur asli maupun Pembelajaran Bahasa Arab bagi non-Arab

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: linguistik; psikolinguistik; sosiolinguistik; komparasi internal;
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021401 Maharat al-Kalam (Speaking Skill)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 09 Mar 2022 13:32
Last Modified: 09 Mar 2022 13:32
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1045

Actions (login required)

View Item View Item