Padli, Erwin, ed. (2021) Implementasi inovasi pendidikan islam. Sanabil, Mataram. ISBN 978-623-317-236-3

[img] Text (Buku)
FTK-PAI-SUKARDI, M.Pd.I).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penulisan ini dimaksudkan untuk memberi jawaban terhadap masalah di atas, yaitu inovasi pendidikan sudah dilakukan dilingkungan lembaga pendidikan. Pada sisi lain ingin memberikan solusi bagaimana melakukan inovasi pendidikan dalam mewujudkan tujuan pendidikan sesungguhnya. Secara metodologis, buku ini akan menggunakan metode “analitis deskriptif”. Metode ini memberikan suguhan secara menyeluruh terkait dengan inovasi pendidikan Islam terhadap persoalan yang ada. Objek kajian dalam metode ini adalah gagasan atau ide manusia yang terungkap dalam bentuk media cetak, baik berupa naskah primer atau naskah sekunder (sumber data primer dan sumber data sekunder). Gagasan dalam naskah primer adalah sejumlah data mengenai masalah pokok, sedangkan gagasan sekunder adalah pembahasan dan kritik terhadap gagasan primer. Tujuan analitis kritis adalah mengkaji gagasan primer Tujuan analitis kritis adalah mengkaji gagasan primer mengenai suatu “ruang lingkup permasalahan” yang dipercaya sebagai fokus pembahasan. Adapun fokusnya adalah (a) menggali makna dari berbagai sumber, (b) mendeskripsikan, (b) membahas, dan (c) menyimpulkan gagasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah book survey atau library research. Buku ini secara sistimatis akan mencoba mendeskripsikan bagaimana inovasi pendidikan Islam . Ciri-ciri metode pembelajaran abad ke-21 yang sering disebut sebagai 4C, yaitu:1. Communication. Pada karakter ini, siswa dituntut untuk memahami, mengelola, dan menciptakan komunikasi yang efektif dalam berbagai bentuk dan isi secara lisan, tulisan, dan multimedia. Siswa diberikan kesempatan menggunakan kemampuannya untuk mengutarakan ide-idenya, baik itu pada saat berdiskusi dengan teman-temannya maupun ketika menyelesaikan masalah dari gurunya. 2. Collaboration. Pada karakter ini, siswa menunjukkan kemampuannya dalam kerjasama berkelompok dan kepemimpinan; beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggungjawab; bekerja secara produktif dengan yang lain; menempatkan empati pada tempatnya; menghormati perspektif berbeda. Siswa juga menjalankan tanggungjawab pribadi dan fleksibitas secara pribadi, pada tempat kerja, dan hubungan masyarakat; menetapkan dan mencapai standar dan tujuan yang tinggi untuk diri sendiri dan orang lain; memaklumi kerancuan. 3. Critical Thinking and Problem Solving Pada karakter ini, siswa berusaha untuk memberikan penalaran yang masuk akal dalam memahami dan membuat pilihan yang rumit; memahami interkoneksi antara sistem. Siswa juga menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk berusaha menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya dengan mandiri, siswa juga memiliki kemampuan untuk menyusun dan mengungkapkan, menganalisa, dan menyelesaikan masalah. 4. Creativity and Innovation Pada karakter ini, siswa memiliki kemampuan untuk mengembangkan, melaksanakan, dan menyampaikan gagasan-gagasan baru kepada yang lain; bersikap terbuka dan responsif terhadap perspektif baru dan berbeda.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: inovasi; Pendidikan; inovasi pendidikan; difusi inovasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040306 Islamic philoshophy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 11 Mar 2022 06:27
Last Modified: 11 Mar 2022 06:27
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1049

Actions (login required)

View Item View Item