Saparudin, Saparudin (2013) Peta Peta kajian pendidikan islam pada berkala ilmiah di IAIN Mataram. Jurnal penelitian Keislaman, 9 (1). pp. 93-112. ISSN P-ISSN 1829-6491, E-ISSN 2580-9652

[img] Text (Artikel Jurnal)
Peta Kajian Pendidikan Islam.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (153kB)

Abstract

INDONESIA Jumlah publikasi ilmiah yang terus meningkat, terutama bidang kependidikan Islam, di satu sisi dapat dijadikan indikator dinamika intelektual yang tinggi di lingkungan IAIN Mataram. Namun di sisi lain, peta dinamika tersebut belum terbaca secara jelas, baik pada aspek objek kajiannya, pendekatan yang digunakan, maupun jenis studi yang dilakukan. Kondisi ini, dapat berimplikasi terhadap ketidakjelasan arah dan kebijakan pengembangan keilmuan kependidikan Islam. Mendalami hal tersebut, metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan contents analysis. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, dari aspek objek studi, kajian pendidikan Islam pada berkala ilmiah di IAIN Mataram mencerminkan dominannya aspek filsafat atau pemikiran pendidikan Islam sebagai objek kajian; Kedua, sejalan dengan objek kajiannya, dari segi jenis studi, konsep pendidikan Islam yang dipublikasikan pada berkala ilmiah di IAIN Mataram, menunjukkan masih kuatnya kecenderungan kajian teoritis, disusul penelitian lapangan (field reseach), dan kajian pustaka (library reseach); dan Ketiga, paralel dengan kedua aspek di atas, dilihat dari segi pendekatan yang digunakan, kecenderungan pola kajian pendidikan Islam dosen IAIN Mataram, dapat dipilah dalam beberapa corak: (a). Corak pragmatis, baik yang bersifat adoftif maupun justifikatif; (b) corak Idealis, yaitu kajian yang menempatkan al-Qur’an dan Hadits dan pemikiran klasik dalam posisi yang lebih unggul untuk menjelaskan (bukan menjawab) sejumlah aspek/persoalan pendidikan Islam; (c) corak eklektif (gabungan dari corak idealis dan corak pragmatis); dan (d) corak deskriptif empiris. ENGLISH The amount of research publication has been increasing, especially in Islam education area, in one side it can be made by high intellectual dynamics indicator in IAIN Mataram. But on the other side, map of the dynamics isn’t yet read clearly in study object aspect, used approach, and also conducted study type. This condition, can implicate its direction and policy of development the Islamic education. To comprehend the mentioned, the method used is bibliography research (research library), include the analysis contents. Result of research show: firstly, object study aspect, study of Islamic education at periodically in IAIN Mataram which dominant express the philosophy aspect or idea of education of Islam as study object; secondly, its study object, from study type, the concept Islamic education has publicized Islam is periodically in IAIN Mataram, showing still its strength in theoretical study, include the field research, and library research; Third, parallel both aspect above, showing from applied the study approach, the tendency of study pattern education of Islam the lecturer of IAIN Mataram, can divide in a few pattern: (a) Pragmatic pattern, for having the adoptive character and also justificative; ( b) Idealist pattern, the study of al-Qur’an and Hadits and classic idea in more pre-eminent position to explain (non replying) a number of aspect / problem of Islamic education Islam; (c) Elective pattern (alliance of idealist pattern and pragmatic pattern); and (d) Empiric descriptive pattern.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: peta konsep; publikasi ilmiah; pendidikan islam; jurnal
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 13 Mar 2022 07:03
Last Modified: 13 Mar 2022 07:03
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1071

Actions (login required)

View Item View Item