Muslihun, Muslihun (2014) Manajemen sosialisasi zakat profesi dalam menarik simpati wajib zakat pada BAZNAS Kota Mataram dan BAZNAS NTB. Jurnal Penelitian Keislaman, 10 (1). pp. 67-92. ISSN P-ISSN 1829-6491, E-ISSN 2580-9652

[img] Text (Artikel Jurnal)
Internalisasi Nilai Toleransi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (18MB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jpk/iss...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Studi ini membahas mengenai: (1) pentingnya sosialisasimengenai zakat profesidi tengah-tengah masyarakat muslim di Mataram, (2) strategi atau kiat-kiat sosialisasi yang efektif dalam menarik simpati calon muzakkidi Kota Mataramyang dilakukan oleh BaznasProvinsi NTBdan BaznasKota Mataram.Dilihat dari sumber datanya maka penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Sedangkan ditinjau dari sifat datanya, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif (qualitative research)dengan menggunakan teknik studi dokumentasi dan wawancara dalam pengumpulan datanya. Data yang telah terkempul diolah dan dianalisis, kemudian diambil kesimpulan. Hasil temuan dari penelitian ini bahwa: pertama,zakat profesi sangat perlu disosialisasikan di tengah-tengah masyarakat muslim di Mataram disebabkan masih banyak warga muslim Kota Mataram yang masih belum memahami seluk beluk zakat profesi. Masih ada di antara mereka yang menganggap bahwa zakat profesi tidak diwajibkan bagi mereka. Kedua, kiat-kiat sosialisasi yang efektif dalam menarik simpati calon muzakki, yakni (a) dengan mendatangi wajib pajak lalu dilakukan ceramah dan penjelasan tentang seluk beluk zakat profesi, (b) dengan menyebarkan pamplet dan brosur serta tulisan-tulisan yang berkenaan dengan zakat profesi, (c) dengan melakukan diskusi dan tanya jawab lewat media TV dan radio, (d) dengan mempublikasikan semua kegiatan Baznas Kota Mataram khususnya tentang zakat profesi di media cetak. ENGLISH This study discusses about: (1) the importance of socialization of professional zakat among the Muslim in Mataram, (2) effective strategy and tricks applied by BaznasCity of Mataram and BaznasNTBin order to gain the interest of the muzakki(zakat submitters) in the city of Mataram. Based on the data resources, this research is field research, while observed from the nature of the data; this research is qualitative research with documentation study technique and interview in gathering the data. The gathered data are then analyzed and processed in order to generate conclusion. The findings of this research are: first, profession zakat is necessary to be socialized to Muslim people in Mataram because there are a lot of Muslims in Mataram who have less understanding upon the nature of professional zakat. Moreover, there are some of them who regard professional zakat is not obligatory alms upon them. Second, effective tips and tricks in order to obtain the interest of Muzakki candidate,i.e. (a) coming to the muzakki then give them some explanations about the nature of professional zakat, (b) circulating pamphlets and brochures that explain about professional zakat, (c) conducting dialogue program about professional zakat in TV and radio, (d) publishing all the activities of BAZNASNTB and BAZNAS city of Mataram in particular through newspapers.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: zakat profesi; zakaty mal, zakat fitrah; mustahiq; muzaqqi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 13 Mar 2022 07:15
Last Modified: 13 Mar 2022 07:15
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1075

Actions (login required)

View Item View Item