Emawati, Emawati and Saparudin, Saparudin (2021) Dinamika pesantren pulau seribu masjid. UIN Mataram Press, Mataram. ISBN 978-623-988-826-8

[img] Text (Buku)
Dinamika Pesantren P S M.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Buku ini merupakan salah satu upaya mendokumentasikan potret pesantren yang ada di Pulau Seribu Masjid, khusunya lima pondok pesantren besar di pulau. Semua pesantren dikaji dengan pendekatan kualitatif melalui berbagai perspektif seperti historis, fenomenologis, dan pendekatan sistem. Hasil kajian menunjukkan bahwa setiap pesantren memiliki distingsi masing-masing sebagai kekhasannya. Pertama, Al Aziziyah sebagai pesantren pencetak penghafal Qur’an tertua di pulau ini dan dikenal masyarakat dalam dan luar pulau bahkan luar negeri. Kedua, Pesantren NW Selaparang. Pesantren ini mengedepankan pelestarian bahasa lokal Sasak dalam kegiatan pembelajarannya di pesantren, dimulai dengan penggunaan bahasa Sasak halus dalam komunikasi keseharian. Ketiga, Pesantren Darul Abror NW Gunung Rajak. Pesantren ini dihajatkan untuk menjaga tradisi pendidikan Nahdatul Wathan di tengah tantangan era informasi dan teknologi. Sementara, keempat adalah Nurul Haramain menjadi pesantren yang menggalakkan gerakan peduli lingkungan di samping mengintensifkan pembelajaran bahasa asing, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Terakhir kelima, Pesantren Nurul Hakim yang memiliki slogan sebagai pesantren modern di Lombok. Pesantren Nurul Hakim merupakan pesantren modern yang melaksanakan model pendidikan formal berbentuk madrasah dan sekolah kejuruan yang memiliki branding pada penguasaaan bahasa asing yaitu bahasa Arab dan Inggris dengan sistem Pesantren Gontor. Meski sebagai lembaga pendidikan Islam, pesantren ini juga mampu mengembangkan fungsinya sebagai lembaga ekonomi, sosial dan dakwah masyarakat. Dalam menghadapi perkembangan global pesantren tidak hanya menerapkan kurikulum tradisional tapi juga kurikulum modern dengan cara mengintegrasikan kurikulum tersebut menjadi satu paket yang disebut integrated Curriculum, perpaduan kurikulum nasional yaitu Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kurikulum pesantren, kurikulum Pondok Modern Gontor dan kurikulum Madinah dengan metode pengajaran dilakukan secara modern dan tradisional dengan melibatkan berbagai teknologi modern serta model evaluasi yang dilaksanakan secara ketat dan terstruktur sehingga para santri mendapatkan tiga model laporan hasil belajar sesuai kurikulum yang diterapkan sehingga mereka dapat mengetahui kompetensinya masing-masing.

Item Type: Book
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200207 Sasak, Samawa, or Mbojo Cultural Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200209 Multicultural, Intercultural and Cross-cultural Studies
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 24 Mar 2022 03:30
Last Modified: 24 Mar 2022 03:30
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1170

Actions (login required)

View Item View Item