Efektivitas pendekatan linguistik kontrastif Untuk memahami Kitab Al- Nasaikh Al-Diniyah Mahasantri Ma'had Al-Jami'ah Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Semester GenapTahun Pengajian 2018

Suriyani, Erma (2018) Efektivitas pendekatan linguistik kontrastif Untuk memahami Kitab Al- Nasaikh Al-Diniyah Mahasantri Ma'had Al-Jami'ah Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Semester GenapTahun Pengajian 2018. [error in script]. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Mataram. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
120 Laporan Penelitian.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
120 Artikel Penelitian.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (474kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Penelitian ini adalah penelitian lapangan kuantitatif yang dilaksanakan di Ma'had Al-Jami'ah Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Semester GenapTahun Pengajian 2018, sedangkan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang bertitik tolak dari anggapan bahwa semua gejala yang diamati dapat diukur dalam bentuk angka. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dengan pendekatan linguistik kontrastif untuk memahami kitab al-nasaikh al-diniyah dan mengetahui efektifitas pembelajaran dengan pendekatan linguistik kontrastif untuk memahami kitab al-nasaikh al-diniyah mahasantri Ma'had Al-Jami'ah Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Semester GenapTahun Pengajian 2018.

Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, penerapan pendekatan linguistik kontrastif untuk memahami kitab al-nasaikh al-diniyah dimulai dengan mua'llim menjelaskan pembagian kata dan menusun kata-kata itu menggunakan pola-pola yang sudah dibuat. Dari kegiatan ini mahasantri dilatih untuk cermat dan fokus dalam memperhatikan kata yang digunakan dan berlatih dalam pola- pola tersebut. Kedua, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat melalui nilai rata-rata post-test untuk kelas eksperimen sebesar 74,30 dan untuk kelas kontrol sebesar 45,70. Dari paparan di atas dapat dilihat perubahan yang paling signifikan adalah perubahan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan linguistik kontrastif terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar untuk memahami kitab al-nasaikh al-diniyah mahasantri Ma'had Al-Jami'ah Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Semester GenapTahun Pengajian 2018.

INGGRIS:

This research is quantitative field research conducted in Ma'had Al- Jami'ah State Islamic University of ( UIN ) Mataram semester genap tahun recitation 2018, while the research is experiment.This research used a quantitative approach, who dotted good from thinking about that all phenomenon observed can be measured in the figures. Data collection method done with the test, observation, interview, and documentation.

This report aims to understand learning by approach linguistics contrastive to understand the al-nasaikh al-diniyah and he knows the effectiveness of learning by approach linguistics contrastive to understand the al-nasaikh al-diniyah mahasantri Ma'had Al-Jami'ah State Islamic University of ( UIN ) Mataram Semester Genap tahun recitation 2018.

This research result indicates: the first , the application of linguistic approach contrastive to understand book al-nasaikh al-diniyah begins with mua' llim explain division of a word and menusun words were using the the patterns remain the same has already been prepared .Of this activity mahasantri trained to carefully and focus in paying attention to a word used and practice in those patterns .Second , there is a significant difference between grade class experimentation and control .It can be seen through the average score for the class of 74,30 post-test experiment and control of 45,70 for the class .From exposure to above can be seen the most significant is the changes post-test to that class of experimentation and control class. Thus we can conclude that learning by approach linguistics contrastive have effectively to improve learning outcomes to understand the al-nasaikh al-diniyah mahasantri Ma' Had Al-Jami' Ah State Islamic University of ( UIN ) Mataram semester genap tahun recitation 2018.

Item Type: Monograph ([error in script])
Uncontrolled Keywords (Kata Kunci): eksperimen, linguistik kontrastif, Kitab al-nasaikh al-diniyah
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200401 Applied Linguistics and Educational Linguistics
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040902 'Ilmu al-Sharf (Arabic Morphology)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040903 'Ilmu al-Ashwat (Arabic Phonology and Phonetics)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040904 'Ilmu al-Dalalah (Arabic Semantics)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040905 'Ilmu al-Ma'ajim (Arabic Lexicography)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040906 'Ilmu al-Ramziy (Arabic Semiotics)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040907 'Ilmu al-Uslub (Arabic Stylistics)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040908 'Ilmu al-Istikhdam al-Lughah (Pragmatics)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040909 'Ilmu al-Lughah al-Ijtima'iy (Arabic Sociolinguistics)
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200409 Arabic Linguistics > 20040910 'Ilmu al-Lughah al-Nafsiy (Arabic Psycholinguistics)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nur aeni S.IPI
Date Deposited: 18 Apr 2019 07:48
Last Modified: 11 Aug 2020 15:34
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item View Item