Lubna, Lubna and Kurniawan, Rahmat Akbar (2018) Problematika pembelajaran IPS terpadu di kelas VIII MTs Badrussalam Nw Sekarbela Tahun Pelajaran 2017/2018. Society, 9 (1). pp. 17-33. ISSN 2087-0493

[img] Text (Artikel Jurnal)
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII MTs BADRUSSALAM NW SEKARBELA TAHUN PELAJARAN 20172018.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (371kB)

Abstract

INDONESIA Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan problematika pembelajaran IPS Terpadu di kelas VIII dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran pada mata pelajaran IPS Terpadu dikelas VIII MTs Badrussalam NW Sekarbela. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yaitu dengan cara menggunakan teknik pengumpulan data diantaranya yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Data yang didapat dari teknik observasi, wawancara dan dokumentasi adalah masalah yang berkaitan dengan problematika pembelajaran IPS Terpadu dan upaya guru untuk mengatasi problematika pembeljaran IPS Terpadu di kelas VIII MTs Badrussalam NW Sekarbela antaralain adalah problematika guru dan problematika siswa, dimana problematika guru disini mencangkup kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS, penggunaan metode belajar yang masih monoton, masih kurangnya penguasaan kelas, sumber belajar/materi bahan ajar yang digunakan oleh guru untuk mengajar siswa –siswi kelas VIII masih kurang dan nilai sebagian siswa-siswi kelas VIII yang rendah pada mata pelajaran IPS Terpadu. Sedangkan poblematika yang dihadapi oleh siswa adalah malas belajar, tidak memperhatikan guru dan cepat bosan. Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pembelajaran IPS Terpadu yang terjadi di kelas VIII MTs Badrussalam NW Sekarbela yaitu dengan cara guru melakukan pertemuan dengan wali murid siswa-siswi kelas VIII yang bermasalah pada mata pelajaran IPS Tepadu setiap menjelang libur semester, kemudian melakukan sharing dengan kepala sekolah terkait dengan masalah yang dihadapi ketika proses pembelajaran IPS Terpadu, guru mencoba untuk mencari dan menerapkan metode belajar yang bervariasi pada siswa-siswi kelas VIII selain dari metode ceramah, dan melakukan program remidial untuk siswa-siswi yang bermasalah dengan nilai pada mata pelajaran IPS Terpadu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: problematika; pembelajaran IPS terpadu
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pendidikan Sosial
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 20 Jul 2022 00:51
Last Modified: 20 Jul 2022 00:52
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1236

Actions (login required)

View Item View Item