Mustafa, Pinton Setya (2021) Upaya mempromosikan aktivitas fisik dan pendidikan jasmani via sosio-ekologi. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 5 (2). pp. 169-177. ISSN 2598-2877
![]() |
Text (Artikel Jurnal)
Upaya Mempromosikan Aktivitas Fisik dan Pendidikan Jasmani - Dedi, Pinton 331-1-1753-1-10-20210430.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (228kB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
INDONESIA Model sosio-ekologi sangat penting untuk memeriksa tingkat multipel faktor yang mungkin mungkin menjadi penentu aktivitas fisik dan pendidikan jasmani. Tujuan dari artikel ini adalah membahas tentang promosi aktivitas fisik dan pendidikan melalui sosio-ekologi. Metode penelitian ini menggunakan kajian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif, sehingga menghasilkan kajian konseptual. Hasil menunjukkan bahwa model sosio-ekologi berfokus pada hubungan timbal balik antara individu dan sosial, lingkungan fisik dan kebijakan. Mempromosikan pendidikan jasmani dan aktivitas fisik melalui sosio-ekologi menjadi sangat penting karena dalam kehidupan sehari-hari kita selalu berinteraksi dengan lingkungan. Sehingga jika kegiatan promosi dilakukan melalui rancangan lingkungan fisik di sekitar maka akan lebih mudah tersampaikan. Dalam pendekatan sosio-ekologi di bidang pendidikan dan pembelajaran memberikan peluang bagi siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar secara optimal. Diharapkan dengan adanya model sosial-ekologi dapat menjadikan individu terutama anak-anak lebih efektif dalam melakukan aktivitas fisik maupun dalam pendidikan jasmani di sekolah. Supaya tingkat kesehatan anak- anak terjaga dengan baik
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan jasmani; aktivitas fisik; sosial ekologi |
Subjects: | 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1106 Human Movement and Sports Science > 110699 Human Movement and Sports Science not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Pinton Setya Mustafa M.Pd |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 10:09 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 10:09 |
URI: | http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1303 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |