Asyari, Akhmad (2016) Pemberdayaan ekonomi ibu-ibu rumah tangga di Desa Petuluan Indah Lingsar melalui pengembangan manajemen pemasaran home industri (kerupuk ikan). Transformasi, 12 (2). pp. 198-216. ISSN (p) 1858-3571 dan (e) 2580-9628

[img] Text (Artikel Jurnal)
PEMBERDAYAAN EKONOMI IBU-IBU RUMAH TANGGADIDESA PETULUAN INDAH LINGSAR MELALUI PENGEMBANGAN MANAJEMEN PEMASARAN HOME INDUSTRI (KERUPUK IKAN).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (142kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/transfo...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Kunci keberhasilan dalam kegiatan perekonomian dan pada prinsipnya juga bidang lainnya adalah mentalitas dan spirit untuk menggapai kemajuan- kemajuan yang direncanakan. Dalam mengelola perusahaannya seorang pegusaha dituntut untuk memiliki manajemen yang baik agar tidak mengalami kerugian,sebab manajemen yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran tidaknya suatu usaha. Oleh karena itu pengusaha harus mempersiapkan manajemen yang matang sebelum melaksanakan kegiatan ekonominya,Kegiatan ini akan didesain dengan menggunakan metode partisipatory action research. Pendekatan ini mengutamakan pengetahuan dan pengalaman masyarakat sebagai solusi bagi masalah mereka sendiri. Untuk itu dalam proses awal kegiatan ini, fasilitator (tim dosen) mencoba untuk berdialog dengan ibu-ibu rumah tangga kemudian diungkapkan agar masyarakat dapat menganalisis dan menyimpulkan sendiri apa yang telah dilakukan. Selayaknya participatory action research, proses identifikasi (diagnosis), penyusunan rencana aksi, dan refleksi dilakukan secara bersama dengan masyarakat. Hasil pengabdian ini adalah desain packaging dapat membentuk pola loyalitas konsumen dengan cara mempengaruhi psikologis dan emosional. Contohnya melalui warna, keunikan bentuk kemasan, ilustrasi dan layout. Desain kemasan juga sangat berpengaruh terhadap standar perusahaan dalam penetapan harga sebuah produk diluar produksi. Desain packaging dapat membuat sebuah produk mempunyai identitas yang membuatnya berbeda diantara produk lainnya sejalan dengan persaingan merk dagang yang semakin kompetitif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan; ekonomi ibu rumah tangga; pengembangan; manajemen pemasaran; home industri; kerupuk ikan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 13 Aug 2022 13:13
Last Modified: 13 Aug 2022 13:13
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1319

Actions (login required)

View Item View Item