Mustafa, Pinton Setya (2020) Kontribusi kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia dalam membentuk keterampilan Era Abad 21. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 4 (3). pp. 437-452. ISSN 2598-2877

[img] Text (Arttikel Jurnal)
Kontribusi Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga - Pinton 248-1-1419-1-10-20200731.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (311kB)
Official URL: http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.ph...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

TINDONESIA Tujuan dari artikel ini membahas tentang kontribusi kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) di Indonesia untuk membentuk keterampilan abad 21. Kurikulum adalah kerangka dari acuan dasar kompetensi untuk menjabarkan isi materi dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. PJOK merupakan mata pelajaran yang melibatkan aktivitas fisik untuk mendidik siswa agar mendapatkan pengetahuan, keterampilan, dan budi pekerti yang luhur. Hasil dari pembahasan artikel ini memberikan bukti bahwa kontribusi PJOK dalam membentuk keterampilan abad 21 sangat penting karena hanya PJOK yang memfasilitasi siswa dengan porsi yang banyak dalam melakukan aktivitas fisik untuk mencapai tujuan pendidikan secara keseluruhan. Dalam kurikulum 2013 revisi 2016 memberikan pedoman bahwa pembelajaran PJOK di masa kini tidak hanya bergerak dan bersenang-senang saja, melainkan menuntut siswa memiliki keterampilan berpikir kritis, kreatif, inovatif, mampu berkolaborasi dan berkomunikasi dengan baik. Jadi kurikulum PJOK yang disusun akan menghasilkan manusia yang mempunyai kesehatan dan keterampilan di era abad 21. Selain itu guru PJOK wajib berupaya aktif dan profesional untuk memahami dan melaksanakan amanat pembelajaran dari acuan kurikulum nasional dalam mata pelajaran PJOK.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kurikulum; pendidikan jasmani; olahraga; keterampilan abad 21
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pinton Setya Mustafa M.Pd
Date Deposited: 28 Jun 2022 04:40
Last Modified: 28 Jun 2022 04:41
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1342

Actions (login required)

View Item View Item