Hakim, Lukman (2018) Pelatihan karya tulis dan majalah dinding bagi siswa madrasah tsanawiyah Al Madaniyah Jempong Ampenan Mataram. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 14 (2). pp. 101-110. ISSN (p) 1858-3571 dan (e) 2580-9628

[img] Text (Artikel Jurnal)
Pelatihan karya tulis dan majalah dinding bagi siswa madrasah tsanawiyah Al Madaniyah Jempong Ampenan Mataram.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (133kB)

Abstract

INDONESIA Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk memberikan Pelatihan Karya Tulis dan Majalah Dinding Bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah Al Madaniyah Jempong Ampenan Mataram. Terdapat beberapa tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini, yaitu; untuk mendeskripsikan potensi menulis dan berkreasi dalam mengekpresikan diri atau kelompok dalam bahasa tulis dan simbol bagi siswa, mendeskripsikan cara membuat dan mengelola majalah dinding sebagai media karya dan komunikasi pada komunitas, dan mendeskripsikan cara pemanfaatan media untuk berekpresi secara positif dan produktif. Pelatihan ini menggunakan metode ceramah dan simulasi serta praktek membuat tulisan karya tulis dan membuat majalah dinding di madrasah. Kesimpulan yang diperoleh dari kegiatan pengabdian ini adalah adalah (1) secara kognitif ada peningkatan pengetahuan siswa dalam penulisan karya tulis dan majalah dinding, (2) siswa memiliki keterampilan dasar dalam menulis karya tulis dan membuat majalah dinding, (3) siswa dapat menuangkan ide kreatif dalam mengembangkan hasil kreasi dan variasi model keterampilan dalam karya tulis dan majalah dinding, dan (4) siswa dapat menerbitkan hasil karya tulis mereka dalam majalah dinding. ENGLISH This community service is carried out to provide Writing and Wall Magazines Training for Madrasah Tsanawiyah Al Madaniyah Jempong Ampenan Mataram Students. There are several objectives to be achieved from this activity, namely; to describe the potential of writing and being creative in expressing themselves or groups in written language and symbols for students, describe how to make and manage wall magazines as a medium of work and communication in the community, and describe how to use media to express positively and productively. This training uses lecture and simulation methods as well as the practice of writing papers and making wall magazines in the madrasa. The conclusions obtained from this activity are (1) cognitively increasing students' knowledge in writing and wall magazines, (2) students have basic skills in writing papers and making wall magazines, (3) students can put creative ideas in developing the creation and variation of skill models in wall papers and magazines, and (4) students can publish their written work in wall magazines.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pelatihan; karya tulis; majalah dinding; madrasah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1903 Journalism and Professional Writing > 190303 Technical Writing
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1904 Performing Arts and Creative Writing > 190402 Creative Writing (incl. Playwriting)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:14
Last Modified: 24 Aug 2022 03:14
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1351

Actions (login required)

View Item View Item