Suharti, Suharti (2022) Pengaruh higienitas terhadap kepuasan pelanggan: studi kasus RM. Sate Rembiga Ibu Sinaseh. Jurnal Pariwisata Nusantara (JUWITA), 1 (1). pp. 13-29. ISSN -

[img] Text (Artikel Jurnal)
Juwita_Pengaruh Higienitas Terhadap Kepuasan Pelanggan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (427kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh higienis rumah makan terhadap kepuasan pengunjung pada rumah makan sate Rembiga Ibu Sinnaseh. Penelitian ini menggunakan satu variabel independen yaitu higienis dengan satu variabel dependen yaitu kepuasan pengunjung. Setelah dilakukan tinjauan pustaka maupun lapangan dan penyusunan hipotesis, data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 orang yang pernah berkunjung ke rumah makan sate Rembiga Ibu Sinnaseh sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling yakni teknik sampling insidental. Metode analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi sederhana, uji T, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan analisis, hasil menunjukkan bahwa indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik data terdistribusi normal, tidak terjadi heteroskedastisitas. Pada uji hipotesis higienis memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Hasil penelitian ini adalah, pertama, higienis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Hal ini terlihat dari signifikan higienis sebesar 0,000 < 0,05, dan nilai thitung sebesar 7.771 lebih besar dari nilai ttabel 1.984. Kedua, Kepuasan pengunjung dipengaruhi sebesar 38,3% oleh higienis, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor- faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian sebesar 61,7%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: higienis; kepuasan pengunjung; rumah makan; sate rembiga; wisata kuliner
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150604 Tourism Marketing
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150606 Tourist Behaviour and Visitor Experience
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Pariwisata Syariah
Depositing User: Suharti Suharti
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:19
Last Modified: 23 Jun 2022 04:19
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1374

Actions (login required)

View Item View Item