Ismail, Ismail (2022) Teknologi pembelajaran dalam pengembangan profesional pendidikan agama islam di Indonesia: analisis bibliometrik. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8 (2). pp. 1766-1775. ISSN (p) 2442-9511 (e) 2656-5862

[img] Text (Artikel Jurnal)
teknologi pembelajaran.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (474kB)
[img] Text (Peer Review)
8.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (712kB)

Abstract

INDONESIA Perkembangan teknologi telah merambah pada banyak sisi kehidupan dan saat ini telah berkembang mengiringi aspek-aspek penting dalam pengembangan pendidikan agama Islam secara berkelanjutan. Ajaran Islam menganggap mengejar pertumbuhan individu melalui pendidikan sebagai tugas suci dan seumur hidup. Sebagai bentuk pengembangan secara berkelanjutan, upaya untuk meningkatkan pengetahuan, kebijaksanaan, dan keterampilan ini dianggap sebagai kewajiban seorang Muslim. Akhirnya, perkembangan teknologi dan kemajuan berpikir dalam perspektif Islam harus sejalan. Studi ini bertujuan melakukan analisis bibliometrik terkait teknologi pembelajaran dalam pengembangan profesional pendidikan agama Islam di Indonesia. Dalam studi analisis bibliometrik saat ini, kami menggunakan SCOPUS sebagai database atau informasi yang selanjutnya dianalisis menurut alur dan beberapa proses screening sesuai dengan tujuan dari studi ini. Analisis bibliometrik dilakukan pada tanggal 26 April 2022 dengan menjelajahi database SCOPUS, dan pada ‘search documents’ memasukkan keywords atau kata kunci judul studi dalam versi bahasa Inggris agar dapat terbaca dan dijelajahi oleh SCOPUS secara memadai. Kata kunci yang diinsert TITLE-ABS-KEY (learning AND technology AND in AND on AND islamic AND education). Ini merupakan proses screening awal, yang tidak terbatas pada tahun, subject area, tipe dan sumber dokumen, dan jenis pembatasan lainnya. Pada tahap ini ditemukan sebanyak sebanyak 170 dokumen pada rentang tahun 1994 sampai dengan 2022 (tidak ditemukan data atau dokumen sebelum tahun 1994 dengan kata kunci yang diinsert). Selanjutnya, screening kedua dipindai dengan kata kunci yang sama dengan screening pertama dan ditambahkan dengan kata kunci ‘Indonesia’ pada menu ‘search documents.’ Screening kedua dabatasi pada rentang tahun yaitu sepuluh tahun terakhir, yaitu dari tahun 2012 sampai dengan 2022 dengan tipe dokumen ‘article and conference paper’ pada semua subject area. Hasilnya ditemukan sebanyak 24 dokumen pada rentang tahun tersebut. Akhirnya, hasil studi ini dapat menjadi referensi dan preferensi pada studi pengembangan pembelajaran agama Islam terkhusus bagi para cendikia yang bergerak pada teknologi pendidikan Islam dalam semua bidang ilmu ENGLISH Technological developments have penetrated in many aspects of life and currently have developed to accompany important aspects in the development of Islamic religious education in a sustainable manner. Islamic teachings regard the pursuit of individual growth through education as a sacred and lifelong task. As a form of continuous development, efforts to increase knowledge, wisdom, and skills are considered as an obligation of a Muslim. Finally, the development of technology and the progress of thinking in an Islamic perspective must be in line. This study aims to conduct a bibliometric analysis of learning technology in the professional development of Islamic religious education in Indonesia. In the current bibliometric analysis study, we used SCOPUS as a database or information which was further analyzed according to the flow and several screening processes according to the objectives of this study. The bibliometric analysis was carried out on April 26, 2022 by exploring the SCOPUS database, and in the 'search documents' entering keywords or keywords for the study title in the English version so that SCOPUS could read and crawl it adequately.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: analisis bibliometrik; teknologi pembelajaran; pendidikan agama islam; pengembangan berkelanjutan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 07 Jul 2022 14:13
Last Modified: 11 Jul 2022 04:13
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1429

Actions (login required)

View Item View Item