Analisis kesalahan menyelesaikan persamaan diferensial orde-1 pada matakuliah persamaan diferensial dengan panduan kriteria Watson

Kristayulita, Kristayulita (2011) Analisis kesalahan menyelesaikan persamaan diferensial orde-1 pada matakuliah persamaan diferensial dengan panduan kriteria Watson. Beta, 4 (1). pp. 30-52. ISSN 2085-5893, 2541-0458

[img]
Preview
Text (Artikel Jurnal)
144.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (652kB) | Preview
Official URL: https://jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article...

Abstract

INDONESIA:

Kesalahan yang dilakukan mahasiswa dalam menyelesaikan persamaan diferensial orde-1 cukup bervariasi. Penelitian ini akan menggunakan taksonomi SOLO (The Structure of the Observed Learning Outcome) dalam untuk menyusun seperangkat alat tes yang digunakan untuk melihat respon mahasiswa serta jenis kesalahan yang dilakukan. Dalam menganalisis kesalahan akan digunakan kriteria Watson yang mencakupi 8 aspek yakni data tidak tepat (inappropriate data/ id), prosedur tidak tepat (inappropriate procedure/ ip). Pada kasus ini mahasiswa berusaha mengoperasikan pada level yang tepat pada suatu masalah, tetapi dia menggunakan prosedur atau cara yang tidak tepat, data hilang (ommited data/ od), kesimpulan hilang (ommited conclusion/ oc), konflik level respon (response level conflict/ rlc), manipulasi tidak langsung (undirected manipulation/ um), masalah hirarkhi keterampilan (skills hierarchy problem/ shp), dan selain kesalahan di atas (above other/ ao). Dari hasil penelitian terlihat mahasiswa banyak melakukan kesalahan pada penggunaan data yang tidak tepat, prosedur tidak tepat dan masalah hirarkhi keterampilan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords (Kata Kunci): persamaan diferensial Orde-1, taksonomi SOLO, kriteria Watson
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010110 Partial Differential Equations
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Kristayulita Kristayulita
Date Deposited: 30 Apr 2019 08:24
Last Modified: 30 Apr 2019 08:24
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/144

Actions (login required)

View Item View Item