Fadli, Adi and Wahyudiati, Dwi (2021) Hubungan pemanfaatan perpustakaaan sekolah dan minat baca terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPS di MA AL-Ijtihad Danger Lombok Timur. Schemata: Jurnal Pascasarjana UIN Mataram, 10 (2). pp. 107-128. ISSN (E) 2579-5287 dan (P) 2337-3741

[img] Text (Artikel Jurnal)
Hubungan Pemanfaatan Perpustakaaan Sekolah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (308kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap hasil belajar siswa di MA AL-Ijtihad Danger. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi diambil dari seluruh siswa kelas XII sebanyak 116, adapun sampel yang diambil adalah sebanyak 58 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diataranya adalah angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis pada penelitian ini meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikoloneritas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan pengujian hipotesis yaitu analisis regresi sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada hubungan positif dan signifikan pemanfaatan perpustakaan sekolah dan hasil belajar siswa kelas XII IPS MA AL- Ijtihad Danger, hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (3,556 > 1,673) dan nilai signifikansi sebesar 0,001, yang berarti kurang dari 0,05 (0,001 < 0,05). 2) Ada hubungan positif dan signifikan minat baca dan hasil belajar siswa kelas XII IPS MA AL- Ijtihad Danger, hal ini dibuktikan dari nilai t hitung lebih besar dari t tabel (3,648 > 1,673) dan nilai signifikansi sebesar 0,001, yang berarti kurang dari 0,05 (0,001 < 0,05). .3) Ada hubungan positif dan signifikan pemanfaatan perpustakaan sekolah dan minat baca terhadap hasil belajar siswa kelas XII IPS MA AL-Ijtihad Danger, hal ini dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 10,917 lebih besar dari pada F tabel (10,917 > 3,16 ) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05) ENGLISH This study aims to describe the relationship between the use of the school library and reading interest on student learning outcomes at MA AL-Ijtihad Danger. This research was quantitative research with a survey method. The population was taken from 116 students (class XII), while the sample was 58 students. Data collection techniques used in this study include questionnaires, observations, interviews, and documentation. The test in this study included the normality test, linearity test and multicolliniearity test. The hypothesis test uses hypothesis testing, namely simple and multiple regression analysis. The results showed that 1) there was a positiv and significant relationship between the use of the school library and the learning outcomes of class XII IPS MA AL-Ijtihad Danger students, this was evidenced by the t count value greater than t table (3,556 > 1,673) and significance value of 0.001, which means less than 0,05 (0,001 < 0,05). 2) There is a positive and significant relationship between reading interest and student learning outcomes in class XII IPS MA AL-Ijtihad Danger, this is evidenced by the t count value greater that t table (3,648 > 1,673) and a significance value of 0,001, which means less than 0,05 (0,001 < 0,05). 3) There is a positive and significant relationship between the use of the school library and reading interest on the learning outcomes of class XII IPS MA AL�Ijtihad Danger students, this is evidenced by the calculated F value of (10,917 > 3,16) and significance value of 0,000 which means less than 0,05 (0,000 < 0,05).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan perpustakaan; minat baca; hasil belajar
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies > 080707 Organisation of Information and Knowledge Resources
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0807 Library and Information Studies > 080799 Library and Information Studies not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:15
Last Modified: 28 Jul 2022 07:15
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1501

Actions (login required)

View Item View Item