Saparudin, Saparudin (2017) Merawat aswaja dan sustainabilitas organisasi: analisis praksis pendidikan ke-NW-an. El-Hikmah: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 11 (1). pp. 101-122. ISSN (e) 2527-4651 dan (p) 2086-3594
Text (Artikel Jurnal)
MERAWAT ASWAJA DAN SUSTAINABILITAS ORGANISASI Analisis Praksis Pendidikan Ke-NW-an.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (507kB) |
|
Text (Cek Plagiasi)
MERAWAT ASWAJA.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
INDONESIA di tengah rivalitas ideologis dan keragaman gerakan keagamaan, NW - dalam konteks Lombok merasa memperoleh ―interupsi‖ kalau bukan ancaman dari sejumlah gerakan baru pasca reformasi. Mempertahankan posisi sebagai kelompok dominan, baik secara ideologis maupun kuantitas dirasakan semakin penting. Studi ini difokuskan pada proses diseminasi identitas ideologis Ahl al-Sunnah wa al-Jama‟ah (Aswaja) dan implikasinya terhadap proses reproduksi kader-kader baru NW. Berdasarkan kecenderungan empiris, studi ini membuktikan bahwa pembelajaran Ke-NW-an lebih dari sekedar merawat ideologi Aswaja, juga yang lebih penting adalah cara NW menjaga sustainibilitas organisai dengan menekankan pada reproduksi kader-kader baru. Hal ini sekaligus sebagai salah satu jawaban atas semakin dinamisnya proponen NW dalam menentukan pilihanpilihan paham dan organisasi keagamaan yang lain
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | NW; aswaja; pendidikan islam; gerakan keagamaan |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220315 Philosophy of Religion 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Syahrul Gunawan Adita, S.E |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 02:45 |
Last Modified: | 22 May 2023 01:17 |
URI: | http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1545 |
Actions (login required)
View Item |