Sobry, M. (2022) Analisis pembelajaran era new normal di madrasah aliyah program khusus NW Anjani. al-iltiza Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7 (1). pp. 1-16. ISSN P-ISSN 2654-7902 E-ISSN 2614-3860

[img] Text (Journal Article)
text.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (212kB)
[img] Text (Peer Review)
Peer Review.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (470kB)

Abstract

INDONESIA Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran di era new normal studi kualitataif di Madrasah Aliyah Program Khusus (MAPK) NW Anjani. Peneliti merancang penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah Siswa kelas XI MAPK NW Anjani. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Selanjutnya data di analisis berdasarkan hasil dari proses pengumpulan data dan dicek keabsahannya menggunakan metode triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa MAPK NW Anjani mampu beradaptasi dengan sistem pembelajaran di era new normal. Hal ini dapat diliahat dari inovasi-inovasi yang diciptakan oleh guru dan kepala sekolah dalam menjawab kesulitan belajar siswa yang ditemukan di era new normal ini. Inovasi tersebut antara lain menggunakan beberapa metode dalam proses pembelajaran. Metode tersebut antara lain adalah metode tanya jawab, pemberian tugas, praktik dan presentasi agar bisa menjawab kebutuhan siswa di era normal ini. Kesulitan yang paling dirasakan oleh guru dan siswa adalah ketika jam belajar dipangkas. Hasil belajar siswa di MAPK NW Anjani menunjukkan hasil yang cukup bagus. Tidak ada perbedaan yang berarti antara hasil belajar sebelum dan sesudah pandemi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: proses belajar; era new normal; MAPK NW Anjani
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130311 Indonesian Peoples Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 04 Aug 2022 00:16
Last Modified: 04 Aug 2022 00:16
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1561

Actions (login required)

View Item View Item