Anwar, Khairil (2018) Penerapan model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition (AIR) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKN di SDN 11 Mataram. Elmidad: Jurnal PGMI Universitas Islam Negeri Mataram, 10 (1). pp. 26-40. ISSN (p) 2087-8389

[img] Text (Artikel Jurnal)
Penerapan Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran PKn di SDN 11 Mataram.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (497kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition (AIR) dalam materi pemerintah desa kelas IV SDN 11 Mataram dan mengetahui tingkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran PKN di SDN 11 Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya untuk mengatasi permasalaham yang muncul di dalam kelas. Metode ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi, ketiga tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dengan difokuskan pada pembelajaran diskusi sebagai praktik dan keterampilan berbicara, berfikir, dan mengulangi, melalui auditory, intellectualy, repetition (AIR). Berdasarkan analisis penelitian diperoleh data hasil evaluasi pada siklus I adalah yang mempunyai nilai ≥75 sebanyak 10 siswa, yang tidak tuntas secara individu sebanyak 20 siswa. Jumlah seluruh siswa adalah 37 orang. adapun persentase ketuntasan klasikal mencapai 45,94%. Sedangkan pada siklus ke II jumlah siswa yang mengikuti evaluasi sebanyak 37 siswa. Jumlah siswa yang tuntas secara individu sebanyak 36 siswa dan tidak tuntas adalah 1 siswa dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 97,29%, Jadi hasil penelitian yang didapatkan semakin meningkat dari tiap siklus. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition (AIR) pada sub pokok materi pemerintah desa dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 11 Mataram. Peneliti menyarankan agar model AIR ini dapat dilaksanakan khususnya untuk yang memiliki permasalahan yang sama dan perlunya manajemen waktu yang baik, sehingga pembelajaran dengan model AIR ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh siswa dalam pembelajaran

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran AIR; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 29 Aug 2022 07:12
Last Modified: 29 Aug 2022 07:12
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1563

Actions (login required)

View Item View Item