Arifin, Syamsul (2020) Pendidikan nilai; kajian teori dan praktik. Sanabil Creative, Mataram. ISBN 978-623-317-044-4
![]() |
Text (Buku)
Pendidikan Nilai.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
![]() |
Text (Peer review)
pendidikan nilai.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (466kB) |
Abstract
Buku ini hadir atas kegelisan akademik penulis atas masih kokohnya hegemoni kognitif dalam sistem pendidikan di Indonesia. Di era Post Truth, kognitivisme dan materialisme pendidikan yang merasuk begitu dalam pada “jiwa pendidikan nasional” sehingga pemahaman tentang nilai mengalami distorsi begitu rupa dengan menempatkan nilai-nilai artifisial menjadi standar utama untuk membangun peradaban dan deskripsi manusia bermoral dan bahkan manusia ideal. Pendidikan yang secara perennial menjadi “rumah suci” bagi nilai-nilai substantif seolah- olah mengalami kegamangan saat mencoba bertahan dengan fungsi idealnya lebih-lebih dalam bentang era kapitalisme radikal yang masih berlangsung sampai saat ini. Dalam kesadaran penuh penulis, obsesi ideal tersebut tidak dapat disajikan dengan baik oleh penulis dalam buku yang saat ini berada di tangan pembaca. Namun dalam optimisme yang memadai, penulis mempunyai alasan untuk berharap bahwa buku hasil riset ini tetap mampu menghadirkan manfaat tersendiri, khususnya dalam meningkatkan keterampilan eksplorasi dan eksternalisasi nilai yang tersembunyi dalam setiap unsur komponen pembelajaran apa pun jenis mata ajarnya.
Actions (login required)
![]() |
View Item |