Evendi, Erpin (2022) Evaluasi Keterlibatan dan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa dalam Pengajaran Berbasis e-Learning Berbantuan Simulasi PhET di Masa Transisi Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan (JIPP), 7 (1). pp. 242-248. ISSN ISSN(Print): 2502-7069; ISSN (Online): 2620-8326

[img] Text (Article)
4 Artikel JIPP Maret 2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (439kB)
[img] Text (Peerreview 1 dan 2)
Peerreview.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (842kB)
Official URL: http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/vie...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

pengajaran berbasis e-learning berbantuan simulasi PhET di masa transisi pasca pandemi Covid-19. Desain eksperimen (pretest-posttest control group design) diaplikasi dalam studi ini, dimana dua kelompok sampel disiapkan dan terbagi ke dalam kelompok eksperimen (pengajaran berbasis e-learning berbantuan simulasi PhET) dan kelompok kontrol (pengajaran ekspositori tatap muka). Keterlibatan pembelajaran diukur menggunakan instrumen kuesioner pada aspek: motivasi, otonomi, kolaborasi, partisipasi, dan resolusi. Hasil belajar diukur menggunakan instrumen tes essay pada ranah pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi. Data keterlibatan dan hasil belajar matematika dievaluasi dengan melakukan analisis deskriptif (parameter rata-rata, dan n-gain khusus untuk hasil belajar). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa keterlibatan dan hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran matematika berbasis e-learning berbantuan simulasi PhET lebih baik dari pada pengajaran tradisional dengan metode ekspositori. Akhirnya, temuan dalam studi ini terkait dengan pengimplementasian simulasi PhET dalam pembelajaran matematika dapat menjadi referensi pada pengaplikasiannya pada rutinitas pembelajaran dalam sistem e-learning, terutama untuk mendukung keterlibatan mahasiswa serta hasil belajar mereka yang lebih optimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: matematics
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010204 Dynamical Systems in Applications
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010205 Financial Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Erpin Evendi
Date Deposited: 16 Aug 2022 05:38
Last Modified: 16 Aug 2022 05:38
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1573

Actions (login required)

View Item View Item