Hajaroh, Siti (2019) Pengaruh intensitas penggunaan game gadget terhadap minat belajar siswa. Elmidad: Jurnal PGMI Universitas Islam Negeri Mataram, 11 (2). pp. 169-192. ISSN (p) 2087-8389 (e) 2656-4289

[img] Text (Artikel Jurnal)
PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GAME GADGET TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (731kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan game gadget terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI NW Gelogor sebanyak 26 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh sehingga jumlah sampel sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana setelah uji prasyarat dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh intensitas penggunaan game gadget terhadap minat belajar siswa kelas V MI NW Gelogor tahun pelajaran 2017/2018 sebesar 40% dan 60% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Terdapat pengaruh negatif signifikan kuat yang ditunjukan dengan nilai korelasi (r) sebesar -0,63081, terbukti signifikan dengan nilai t hitung = 3,982 dibandingkan dengan t tabel =2,064 sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima. Dari hasil analisis regresi liniear sederhananya diperoleh persamaan regresi Y=63,94-0,46X. dimana konstanta sebesar 63,94: artinya jika intensitas penggunaan game gadget (X) nilainya 0, maka minat belajar siswa (Y) nilainya yaitu sebesar 63,94. Koefisien regresi variabel minat belajar siswa sebesar -0,46: artinya jika intensitas penggunaan game gadget mengalami kenaikan 1, maka minat belajar siswa (Y) akan mengalami penurunan sebesar -0,46. Ini berarti semakin naik intensitas penggunaan game gadget maka semakin menurun minat belajar siswa dan sebaliknya

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: intensitas; penggunaan game gadget; minat belajar siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190202 Computer Gaming and Animation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Kimia
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 29 Aug 2022 07:42
Last Modified: 29 Aug 2022 07:42
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1585

Actions (login required)

View Item View Item