Syahri, Akhmad (2022) Moderasi beragama dalam ruang kelas. CV. Literasi Nusantara Abadi, Malang. ISBN 978-623-329-732-5

[img] Text (Buku)
Moderasi Beragama dalam Ruang Kelas-min.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text (Peer Review)
2 Reviewer Dupak.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (359kB)

Abstract

INDONESIA Moderasi beragama saat ini menjadi isu aktual dalam dunia pendidikan, bahkan isu ini merambah ke dunia politik, sosial budaya, dan pemerintahan. Term ini muncul sebagai antitesa pemahaman radikal1 dan intoleran dalam memahami ajaran agama. Buku Referensi ini terdiri atas 7 Bab, yaitu: (1) Pendahuluan, meliputi: Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Metode Penelitian, Mengapa Nilai-nilai dan Sikap Moderasi Beragama penting dalam dunia pendidikan?, Teori Penguat, dan Grand Desain Nilai-nilai dan Sikap Moderasi Beragama dalam Prespektif Pendidikan Islam; (2) Konsep Moderasi Beragama meliputi: Pengertian Moderasi Beragama, Ciri-ciri dan Simpul Moderasi Beragama, Sikap Moderasi Beragama di Masa Pandemi Covid-19, Indikator Moderasi Beragama; (3) Moderasi Beragama Dalam Ruang Kelas, meliputi: Mengapa Moderasi Beragama dalam Ruang Kelas perlu dibangun?; Bagaimana Membangun Konsep dan Sikap Toleransi pada Siswa?; Strategi Guru dalam Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Sekolah; (4) Nilai-nilai dan Sikap Moderasi Beragama dalam Perspektif Pendidikan Islam, meliputi: Tawassuth (mengambil jalan tengah), Tawazun (berkeseimbangan, equilibrium), I’tidal (tegak lurus dan tegas), I’tiraf al- ’Urf (ramah budaya), Tasamuh (toleransi), Musawah (egaliter), Syura (musyawarah), Islah (reformasi), Aulawiyah (skala prioritas), Tathawwur wa Ibtikar (dinamis dan inovatif), Qudwah, Tahaddur (berkeadaban), Muwathanah, dan Amar ma’ruf nahi munkar; (5) Implementasi Nilai�nilai dan Sikap Moderasi Beragama dalam Dunia Pendidikan, meliputi: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi; (6) Potret Pengamalan Nilai-nilai dan Sikap Moderasi Beragama Siswa MA, meliputi: Pendahuluan dan hasil Potretnya. (7) Penutup, meliputi: Simpulan dan Rekomendasi

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: moderasi beragama, ruang kelas
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr. Akhmad Syahri M.Pd.I
Date Deposited: 09 Aug 2022 11:54
Last Modified: 14 Sep 2022 05:50
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1613

Actions (login required)

View Item View Item