Buku (2021) Hak cipta buku: Nilai-nilai dan sikap moderasi beragama dalam perspektif pendidikan Islam. 000307017.

[img] Text (Hak Cipta)
HKI Nilai-nilai dan sikap Moderasi Beragama.pdf - Other
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1x7CN1b59xr0G7GXhM...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Kompetisi buku ajar dan referensi tahun 2021 berorientasi interkoneksi-integrasi antara agama dan sains, berspirit Horizon Ilmu UIN Mataram dengan inter-multi-transdisiplin ilmu yang mendialogkan metode dalam Islamic studies konvensional berkarakteristik deduktif -normatif-teologis dengan metode humanities studies kontemporer seperti sosiologi, antropologi, psikologi, ekonomi, hermeneutik, fenomenologi dan juga dengan metode ilmu eksakta (natural scincies) yang berkarakter induktif-rasional. Buku yang dikompetisikan dan diterbitakan pada Tahun 2021 sejumlah 75 buku referensi dan 20 buku ajar untuk kalangan dosen. Disamping kompetisi buku untuk dosen, FTK UIN Mataram juga menyelenggarakan kompetisi buku bagi mahasiswa. Ada 20 judul buku yang dikompetisikan dan telah disusun oleh mahasiswa. Hal ini tentunya menjadi suatu pencapaian yang patut untuk disyukuri dalam meningkatkan kemampuan literasi dan karya ilmiah semua civitas akademika UIN Mataram Buku Referensi yang berjudul “Nilai-nilai dan Sikap Moderasi Beragama dalam Perspektif Pendidikan Islam” ini merupakan salah satu alternatif untuk memudahkan para sivitas akademika dalam memahami konsep dan aplikasi moderasi beragama dalam proses pembelajaran di lingkungan keluarga, sekolah dan Perguruan Tinggi. Konsep nilai-nilai dan sikap moderasi beragama yang dikembangkan dalam perspektif pendidikan Islam ini berlandaskan pada pendekatan al-Qur’an dan al-Hadits, serta sejarah kebudayaan Islam. Sedangkan pada tataran aplikasi, penulis rumuskan sesuai rujukan Buku Putih Moderasi Beragama dari Kementerian Agama dan referensi lain yang mendukung terbangunnya konsep aplikasi yang mudah untuk dipahami dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari. Buku Referensi ini terdiri atas 6 b ab, yaitu: (1) Pendahuluan, meliputi: Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian, Metode Penelitian, Mengapa Nilai-nilai dan Sikap Moderasi Beragama penting dalam dunia pendidikan?, Teori Penguat, dan Grand Desain Nilai-nilai dan Sikap Moderasi Beragama dalam Prespektif Pendidikan Islam. (2) Konsep Moderasi Beragama dan Pendidikan Islam, meliputi: Pengertian Moderasi Beragama, Ciri-ciri dan Simpul Moderasi Beragama, Sikap Moderasi Beragama di Masa Pandemi Covid -19, Indikator Moderasi Beragama. (3) Nilai-nilai dan Sikap Moderasi Beragama dalam Perspek tif Pendidikan Islam, meliputi: Tawassuth (mengambil jalan tengah), Tawazun (berkeseimbangan, equilibrium), I’tidal (tegak lurus dan tegas), Tasamuh (toleransi), Musawah (egaliter), Syura (musyawarah), Islah (reformasi), Aulawiyah (skala prioritas), Tathawwur wa Ibtikar (dinamis dan inovatif), Qudwah, Tahaddur (berkeadaban), Muwathanah, dan Amar ma’ruf nahi munkar. (4)Implementasi Nilai- nilai dan Sikap Moderasi Beragama dalam Dunia Pendidikan, meliputi: Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi. (5) Potret Pengamalan Nilai-nilai dan Sikap Moderasi Beragama Mahasiswa, meliputi: Pendahuluan dan hasil Potretnya. (6) Penutup, meliputi: Simpulan dan Rekomendasi.

Item Type: Patent
Uncontrolled Keywords: pendidikan Islam; pandemi covid-19; moderasi agama
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr. Akhmad Syahri M.Pd.I
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:29
Last Modified: 15 Aug 2022 03:00
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1639

Actions (login required)

View Item View Item