Taufik, M. (2020) Psikologi agama. Sanabil, Mataram.
![]() |
Text
Book.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Misi profetik yang secara substansial menuntun dan menuntut untuk perbaikan kehidupan manusia dan kemanusiaan berupa penyempurnaan model sikap dan perilaku kehidupan, relevan dengan nilai-nilai pembelajaran humanisttis-transformatif yang juga menuntut pembelajarn yang berbasis nilai-nilai kemanusiaan yang baik dan bermartabat. Dan lebih lanjut, menjadi relevan dengan nilai-nilai pembelajaran primer-rekognitif yang juga mengedepankan nilai kemanusiaan yakni kejujuran, ketulusan, kesantunan, kemaafan, kesyukuran, tanggung jawab dst. yang secara substantive-empiric mengarahkan manusia-kemanusiaan kepada kehidupan dengan nilai-nilai kebaikan hidup secara terus menerus. Dalam tataran praksisnya, nilai-nilai pembelajaran profetik-humanis-transformatif-rekognitif dimaksud, diimplementasikan secara simultan simbio-mutualis, dalam berbagai macam dan setiap perjumpaan. Disepakati diterapkan secara empiris dan terus menerus dalam proses praktek pembelajaran dan kehidupan dianatara para pihak yang terlibat. Baik di kalangan pakar-penggagas-inisiator, para mentor dan peserta, dan memang disepakati ke semua yang terlibat adalah juga sebagai peserta. Pembelajaran dimaksud, diorientasikan sebagai pembelajaran hidup yang harus tersu dijalani sepanjang hidup masih berjalan. Dampak dari penerapan model pembelajaran primer atau pembelajaran rekognitif, yang melibatkan potensi kesadaran peserta secara maksimal dalam pembelajaran yang diusung Sekolah Pembelajaran (SP-PGH), baik di kelas komunitas Sekolah/Madrasah maupun di kelas komunitas masyarakat di luar sekolah sangatlah memadai. Pembelajarn yang mengedepankan positivitas dalam berperasaan dan dalam berbahasa yang diekspresikan dalam sikap dan tindakan sadar empiris, telah mampu membuat perubahan yang signifikan. Hal ini di antaranya bisa terlihat, baik pada kehidupan komunitas di Bangket Bilong Parampuan, dan juga di Madrasah pada PP Hikmatusysyarif Salut Narmada. Hal ini terlihat dari terbangunnya kultur yang saling menguatkan, saling mengingatkan, saling mendukung dan saling mengisi satu sama lain. Mereka saling berusaha untuk selalu saling menolong, saling memengaruhi sehingga secara bersama menjadi semakin kuat dan mereka Nampak sangat menikmatinya
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konversi; psikologi agama; kesehatan mental |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 29 Jan 2021 01:18 |
Last Modified: | 29 Jan 2021 01:18 |
URI: | http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/165 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |