Arifin, Syamsul (2017) Persepsi buruh pasar terhadap pendidikan anak: studi kasus pada buruh pasar Mandalika Mataram. el-Hikmah: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 11 (1). pp. 2-20. ISSN 2527-4651

[img] Text (artikel jurnal)
Artikel Persepsi buruh pasar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (448kB)
[img] Text (Peer Review)
jurnal el hikmah.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (434kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi buruh pasar terhadap pendidikan anak dalam tiga hal, yakni: urgensi dan tujuan Pendidikan, biaya, dan hubungan pendidikan dengan kehidupan anak serta faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif bentuk studi kasus dan memilih Pasar Mandalika Mataram sebagai lokasi penelitian. Penelitian memperoleh hasil sebagai berikut; pertama, persepsi buruh pasar terhadap pendidikan anak (a) Secara umum para buruh pasar Mandalika memandang pendidikan sangat penting bagi anak dan mereka mendorong dan membiayai pendidikan anak mereka di sekolah formal; (b) Para buruh pasar sepakat bahwa biaya pendidikan di Indonesia sangat mahal; (c) Para buruh pasar memahami bahwa ada hubungan yang signifikan antara pendidikan dengan kualitas hidup yang dijalani seseorang, meskipun hubungan tersebut dalam situasi dan hal-hal tertentu tidak selalu linier. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi mereka dapat dibagi dalam dua bagian utama, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: persepsi, pendidikan anak, buruh pasar, Mandalika Mataram
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130107 Sasak, Samawa, and Mbojo Early Childhood Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1603 Demography > 160305 Population Trends and Policies
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1604 Human Geography > 160403 Social and Cultural Geography
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160804 Rural Sociology
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169902 Studies of Sasak, Samawa, and Mbojo Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr. Syamsul Arifin
Date Deposited: 29 Jan 2021 08:14
Last Modified: 01 Feb 2021 02:16
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item View Item