Nugraha, Yandika (2015) Penalaran proporsional siswa kelas VII. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9 (1). pp. 34-47. ISSN (P)2085-5893 (E) 2541-0458

[img] Text (Artikel Jurnal)
Penalaran proporsional siswa kelas VII.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (557kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik penalaran proporsional siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tasikmadu Kabupaten Karanganyar. Prosedur pemilihan subjek dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara think aloud method. Validitas data menggunakan triangulasi waktu. Teknik analisis data dilakukan dengan cara: (1) mengelompokkan data dalam 2 kategori, kemudian mereduksi data yang tidak termasuk dalam 2 kategori tersebut, (2) menyajikan data dalam teks naratif, dan (3) menyimpulkan karakteristik penalaran proporsional siswa kemudian membandingkan subjek yang berada pada level yang sama. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada enam subjek siswa kelas VII SMP Negeri Tasikmadu, terdapat empat siswa yang sudah bisa bernalar kuantitatif yaitu mampu memanipulasi situasi perbandingan dengan menggunakan suatu bilangan dan dua siswa menggunakan perkalian silang tetapi tidak sepenuhnya memahami hubungan invarian dan kovarian ENGLISH This descriptive qualitative research is aimed at describing the characteristics of students proportional reasoning. The subjects are the seventh grade students at SMP Negeri 1 Tasikmadu Karanganyar. The subjects are selected through purposive sampling methods. Data collection applies think aloud method. Time triangulation is used for data validation. Data is analyzed by: (1) classifying data in two categories then reducing them which do not belong to both categories, (2) presenting the data in narrative text, and (3) summarizing the characteristics of students proportional reasoning then comparing the subjects based on same level. The research shows that 4 of 6 students are able to reason quantitatively which mean that they can manipulate the proportional situation using number and the remaining students use cross product but they did not fully understand about the relation of invariant and covariant

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: penalaran proporsional; pemecahan masalah; bernalar kuantitatif; perkalian silang; invarian dan kovarian
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010107 Mathematical Logic, Set Theory, Lattices and Universal Algebra
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 11 Oct 2022 07:27
Last Modified: 11 Oct 2022 07:27
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1802

Actions (login required)

View Item View Item