Kristayulita, Kristayulita (2020) Pengembangan bahan ajar matakuliah analisis real untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 2 (2). pp. 66-80. ISSN 2657-1986, 2684-8848

[img] Text (Artikel)
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATA KULIAH ANALISIS REAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (520kB)
[img] Text (Peer Review)
Pengembangan bahan ajar mata kuliah analisis real.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (814kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar mata kuliah Analisis Real yang mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa Tadris Matematika IAIN Mataram. Metode dalam penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan tahapan pengembangan 4-D (Four D) yang terdiri ata 4 tahap yaitu Tahap pendefinisian (define), Tahap perancangan (design), Tahap pengembangan (develop), dan Tahap pendesiminasian (desseminate). Bahan ajar diujicobakan pada mahasiswa semester VI-D Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Mataram. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi bahan ajar, lembar kuesioner motivasi belajar, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan bahan ajar mata kuliah Analisis Real. Bahan ajar dikembangkan dengan 4 tahapan pengembangan yaitu tahap pendefinisian meliputi mengkaji hubungan komponen (tujuan instruksional, GBPP, kebutuhn mahasiswa, analisis materi). Tahap perancangan adalah tahap menulis dan membuat perangkat bahan ajar (merumuskan tujuan instruksional dan metode penulisan buku ajar kompilasi). Selanjutnya tahap pengembangan meliputi pengembangan bahan ajar dengan menghasilkan desain bahan ajar, desain lembar kritik, desain kuis dan desain kuesioner serta melakukan vaildasi bahan ajar. Tahap berikutnya adalah tahap desiminasi dengan melakukan uji coba untung mematangkan bahan ajar. Berdasarkan penilaian validator terhadap bahan ajar yang dikembangkan tergolong kategori baik dengan nilai 4,99 (skala 1-7). Menurut penilaian mahasiswa 88,46% mengatakan bahan ajar mudah dipahami. Berdasarkan uji statistik diperoleh kesimpulan bahwa hasil uji coba bahan ajar yang dikembangkan tidak memberikan peningkatan yang signifikan terhadap motivasi bagi mahasiswa. Sementara porsentase kelulusan mahasiswa sebesar 72% dengan nilai kelulusan minimal C. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahan ajar mata kuliah Analisis Real mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar yang dikembangkan sudah cukup memenuhi kriteria valid dan praktis

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pengembangan; bahan ajar; mata kuliah analisis real; motivasi; hasil belajar
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010111 Real and Complex Functions (incl. Several Variables)
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Dr. M.Si., Kristayulita Kristayulita
Date Deposited: 21 Jan 2021 07:01
Last Modified: 27 Jan 2021 11:31
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/20

Actions (login required)

View Item View Item