Wahyudiati, Dwi (2016) Analisis efektivitas kegiatan praktikum sebagai upaya peningkatan hasil belajar mahasiswa. TATSQIF: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 14 (2). pp. 143-168. ISSN e-ISSN: 2503-4510; P-ISSN:1829-2940 (Unpublished)

[img] Text (Artikel Jurnal)
@Jurnal Tatsqif.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text (Peer Review)
5-Peer Review Jurnal Tatsqif.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Fokus penelitian ini adalah untuk mengethaui bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas pelaksanaan kegiatan praktikum Kimia Dasar Di Jurusan Pendidikan IPA Biologi Tahun Akademik 2015/2016 sebagai dasar untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitaif dengan sumber data terdiri dari mahasiswa, dosen pengampu mata kuliah, laboran, dan coass parktikum mata kuliah Kimia Dasar.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut: (1) Pada aspek persiapan pelaksanaan (perencanaan), secara umum subyek penelitian melakukan persiapan praktikum dengan cukup baik, dengan kelemahan kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap materi yang dipraktikumkan, mempersiapkan alat dan bahan, dan konsultasi dengan coass, (2) Pada aspek pelaksanaan praktikum dilakukan dalam 3 tahapan/proses yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, dan tahap akhir yang dalam pelaksanaannya berjalan dengan lancar tetapi masih kurang lengkapnya alat dan bahan, kesulitan dalam menyusun laporan praktikum, jadwal kuliah yang kurang sinkron dengan jadwal praktikum, kurangnya bimbingan dari dosen pengampu mata kuliah, penjelasan coass kurang dipahami. Adapun usaha yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan praktikum menunjukkan subyek penelitian melakukan upaya yang cukup intensif secara kuantitasdan selalu melakukan kegiatan evaluasi baik oleh praktikan, coass, laboran, dan dosen pengampu mata kuliah akan tetapi masih perlu dioptimalkan masing-masing peranan, sedangkan berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi kualitas pelaksanaan praktikum Kimia Dasar menunjukkan bahwa motivasi mahasiswa mengikuti praktikum sangat tinggi, peran dosen, coass, dan laboran masih perlu ditingkatkan, serta ketersediaan sarana dan prasarana yang masih terbatas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: activity analysis,; lab activity; laboratory; enhance learning outcome
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Kimia
Depositing User: Prof. Dr. ADI FADLI
Date Deposited: 04 Feb 2021 08:04
Last Modified: 04 Feb 2021 08:04
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/205

Actions (login required)

View Item View Item