Analisis sikap pedagang asongan terhadap kenyamanan wisatawan di Kawasan Pariwisata Mandalika Kuta Lombok

Khalik, Wahyu (2017) Analisis sikap pedagang asongan terhadap kenyamanan wisatawan di Kawasan Pariwisata Mandalika Kuta Lombok. Media Bina Ilmiah, 11 (9). pp. 105-111. ISSN 2615-3505

[img]
Preview
Text (Artikel Jurnal)
228.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (206kB) | Preview
Official URL: http://www.lpsdimataram.com/phocadownload/Oktober-...

Abstract

INDONESIA:

Faktor kenyamanan wisatawan merupakan aspek terpenting pada suatu kawasan pariwisata, hal tersebut dapat disebabkan oleh beragam faktor internal dari masyarakat lokal maupun dari faktor eksternal. Dengan demikian potensi daya tarik wisata dengan panorama alam, keunikan, maupun ciri khas yang dimiliki tidak akan berarti tanpa pemberian rasa nyaman pada destinasi wisata tersebut. Untuk memberikan kenyamanan tersebut peran masyarakat lokal sangat penting, tidak terlepas pula bagi pedagang asongan yangmemiliki intesitas kontak langsung kepada wisatawan. Penelitian secara mendalam tentang analisis sikap pedagang asongan terhadap kenyamanan wisatawan di kawasan pariwisata kuta Lombok sebagai rumusan masalah yang dikedepankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap pedagang asongan terhadap kenyamanan wisatawan di kawasan pariwisata mandalika kuta Lombok. Metode penelitian menggunakan partisipatif dengan melakukan wawancara dan observasi. Metode ini bertujuan untuk mengetahui sikap yang diberikan pedagang asongan kepada wisatawan yang berkunjung.

Teknik analisis yang digunakan adalah desktiptif kualitatif. Hasil penelitian mengemukakan bahwa aktivitas pedagang asong dari variable sikap, norma, dan niat menunjukkan perbedaan sikap yang diberikan kepada setiap wisatawan. Berdasarkan data wawancara yang dilakukan, pedagang asong memiliki alasan yang berbeda pula berdasarkan pada jenis usaha mereka. Latar belakang setiap wisatawan merupakan faktor utama yang menyebabkan respon yang berbeda dari pedagang asongan. Perbedaan sikap yang diberikan oleh pedagang asongan merupakan informasi bagi pemerintah dan melakukan upaya tindak lanjut dan mengatur internal yang terjadi di kawasan
pariwisata mandalika kuta Lombok

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords (Kata Kunci): analisis sikap; pedagang asongan; kenyamanan wisatawan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150601 Impacts of Tourism
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150602 Tourism Forecasting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150603 Tourism Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150604 Tourism Marketing
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150605 Tourism Resource Appraisal
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150606 Tourist Behaviour and Visitor Experience
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism > 150699 Tourism not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1506 Tourism
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Pariwisata Syariah
Depositing User: Mr Wahyu Khalik
Date Deposited: 10 Jun 2019 11:12
Last Modified: 10 Jun 2019 11:12
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/228

Actions (login required)

View Item View Item