Mareta, Mira (2022) IMPLIKASI KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan di Madrasah IbtidaiyyahNegeri Se-Kota Mataram. Project Report. https://Inara Publisher, Malang.

[img] Text (Monograf)
Karakteristik Perkembangan Anak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[img] Text (Plagiarism Check (turnitin))
_IMPLIKASI KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK Terhadap Penyelenggaraan Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyyah Negeri Se-Kota Mataram_.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)
Official URL: httpas://inara.publisher@gmail.com

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Bagi seorang pengajar-guru, adalah hal penting untuk memahami karakteristik siswa. Hal ini merupakan langkah awal dalam merancang perencanaan pembelajaran dan implementasi pembelajaran. Memadukan antara karakteristik siswa dan metode pembelajaran adalah hal yang tepat mengingat materi yang akan disampaikan dapat diterima dengan baik oleh siswa. Begitu juga dengan pengajar-guru, dapat menjalankan pengajaran dengan baik. Menilik pada perkembangan anak-anak, tentu tidak bisa dilepaskan dari usia keemasan yakni usia 6-12 tahun. Penyebabnya karena usia ini merupakan fase penting dalam perkembangan sang anak. Konkretnya rasa ingin tahu anak sedang pada masa tinggi-tingginya, sehingga diperlukan metode pengajaran yang tepat. Maka dari itu, fase perkembangan anak ini harus disikapi dengan penuh kehati-hatian oleh semua pihak seperti orang tua, pengajarguru, dan lingkungan sekitar. Selian itu semua pihak seyogyanya memerankan diri sesuai dengan perannya masing-masing seperti guru-pengajar memberikan metode pembelajaran yang dapat diterima oleh anak-anak. Berkenaan dengan pembelajaran, maka perlu dirancang suatu pembelajaran yang memungkinkan anak didik dapat melihat, merasakan, melakukan sesuatu, dan mencoba untuk memecahkan suatu masalah. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat ditawarkan yaitu pendekatan metakoginitif. Metakognitif merupakan kemampuan yang menekankan para siswa untuk mengetahui bagaimana ia belajar, mengetahui kemampuan dan modalitas belajar yang dimiliki, dan mengetahui strategi belajar terbaik untuk belajar efektif. Melalui pendekatan tersebut, siswa diharapkan mencintai hal-hal yang ia sukai dan akhirnya muncul rasa memiliki (sense of belonging). Senada dengan narasi di atas, kehadiran buku ini juga turut serta dalam memberikan informasi tentang metode pembelajaran yang diterapkan pada jenjang sekolah Madrasah Ibtidaiyah. Konkretnya buku ini mengulas penyelenggaraan pendidikan di madrasah ibtidaiyyah negeri se-Kota Mataram. Buku ini dapat dijadikan sebagai bahan bacaan bagi yang ingin mendalami terkait metode pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: karakter anak. perkembangan. madrasah
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200201 Indonesian Cultural Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Raden . Jie
Date Deposited: 13 Feb 2023 01:57
Last Modified: 09 Mar 2023 08:26
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2285

Actions (login required)

View Item View Item