Ar-Rahman-Ar-Rahim nilai Azazi dalam membangun karakter anak dan ketahanan keluarga

Djuwita, Warni (2018) Ar-Rahman-Ar-Rahim nilai Azazi dalam membangun karakter anak dan ketahanan keluarga. In: Horizon ilmu: Dasar-dasar teologis, filosofis, dan model implementasinya dalam kurikulum dan tradisi ilmiah UIN Mataram. Pustaka Lombok, Mataram, pp. 591-607. ISBN 978-602-5423-07-9

[img]
Preview
Text (Buku)
237.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (404kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Dari hasil sebuah penelitian yang mengkaji tentang “pengasuhan positif” dalam sistem ekologi pendidikan atau kemitraan pendidikan, di temukan banyak permasalahan dan prilaku tidak terpuji anak – anak di lingkungan sekolah. mulai dari kasus sederhana hingga kasus prilaku extrim bagi seusia anak-anak, yakni mulai dengan pelanggaran disiplin sekolah, nakal aktif/agressip, hingga pornoaksi dan sebagai kurir narkoba antara lain(1)prilaku pornoaksi sekelompok anak kelas atas (kelas5dan6) bersama mencabuli adik kelasnya perempuan,(2)kakak kelas mencabuli adik kelasnya secara perorangan (anak kelas 2 terhadap anak kelas 1)(3) anak yang ditemukan menggosok-gosok “burungnya” di tembok belakang sekolah,karena terangsang saat ber-main2 dengan teman2 put rinya, atau diam2 menonton sesuatu yang memicu birahinya. ketika coba di gali kebiasaan tsb, anak itu menjelaskan, bahwa kebiasaan itu dilakukan juga saat dirumah dengan menggunakan bantal.(4)dua anak PAUD klp B ( yg dsh mau masuk SD)ditemukan bu gurunya ber-guling2 di bawah meja, layaknya sepasang suami istri. Diceritakan oleh salah seorang ibu guru PAUD, dan ketika ditanya ibu guru mengapa melakukannya,mereka menjawab, karena melihat orang tuanya melakukan itu (hal ini ketika kita dalami ke orang tua,itu sangat mungkin, karena kondisi rumah yang sangat terbatas juga keterbatasan pemahamsn pendidikan orang tua .(5).Ada anak di lingkungan PAUD punya kesenangan membuka celananya dan memperlihatkan burungnya pada teman2 putrinya(6).ada juga anak laki-laki yang suka me- ngintip2 ke dalam rok teman perempuannya,melalui berbagai cara, misalnya dengan ber-pura2 nyapu atau memungut sesuatu dengan menjongkok atau tiarap di bawah meja.(7).Ada anak suka usil meraba, memasukkan tangannya pada organ-organ tertentu temannya, baik teman lelakinya maupun teman perempuannya pada saat pembelajaran berlangsung, anak seperti ini dijuluki si “belang”(8).ada anak yang suka mengganggu teman perempuannya, mulai dengan cara yang biasa meng-olok2, meningkat dengan menggunakan kata2 yang porno,terus semakin berani hingga meremas-remas payudara atau organ lainnya hingga membuat temannya menangis.(9).Ada anak SD berperan sebagai kurir narkoba.(10)kasus-kasus pelanggaran kedisiplinan (indisiliner) sekolah seperti;suka malas sekolah, bolos,bermain diluar kelas saat temannya sedang belajar, lemah konsentrasi, tidak focus mengikuti pembelajaran,( menjadi penganggu teman )tidak melaksanakan tugas2 yang sedang berjalan, terlambat sekolah, mencuri barang teman hingga barang milik bu guru,suka berkata jorok, tidak senonoh, hingga men-coret- coretkannya di tembok.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords (Kata Kunci): pendidikan karakter; pengasuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur aeni S.IPI
Date Deposited: 22 May 2019 10:40
Last Modified: 22 May 2019 10:40
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/237

Actions (login required)

View Item View Item