Yakin, Nurul and Fahrurrozi, Muhammad (2022) Kontribusi pendidikan karakter di Pondok Pesantren Nurul Islam. Jurnal Penelitian Keislaman, 18 (1). pp. 1-14. ISSN P-ISSN 1829-6491; E-ISSN 2580-9652

[img] Text (Artikel Jurnal)
KONTRIBUSI PENDIDIKAN .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (448kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jpk/art...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Hal-hal yang tidak boleh terkikis oleh perkembangan zaman adalah penanaman karakter yang baik dalam mendidik peserta didik, Salah satu metode yang diterapkan beberapa tahun terakhir ini adalah pengembangan pendidikan karakter. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak Pendidikan karakter di Pondok Pesantren Nurul Islam menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang terlibat dalam pengelolaan Pondok Pesantren Nurul Islam (pimpinan pondok, pengelola, yayasan, pengajar, santri, alumni, dan sebagainya sebagai sumber data), Pengumpulan data di lapangan dengan menggunakan pengamatan partisipatif (observasi), wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan flow model dan model interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunujukkan bahwa pendidikan karakter memiliki beberapa dampak terhadap pondok pesantren dapat ditinjau dari beberapa aspek 1) Koduktivitas pondok, 2) Kualitas santri, berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada para guru dan santri diketahui bahwa dampak pendidikan karakter terhadap kualitas santri di Pondok Pesantren Nurul Islam Sekarbela Kota Mataram meliputi a) Membentuk anak yang religius, b) Dalam bidang akademik, c) Dalam bidan non akademik d) Anak memiliki kecerdasan emosional dan e) Membentuk rasa percaya diri. 3) kualitas lulusan dan 4) kualitas guru ENGLISH Hings that should not be eroded by the times are the cultivation of good character in educating students. One of the methods applied in recent years is the development of character education. The purpose of this study was to determine the impact of character education in Pondok Pesantren Nurul Islam using a qualitative approach with the type of case study. The subjects in this study were the parties involved in the management of the Nurul Islam Islamic Boarding School (boarding leaders, managers, foundations, teachers, students, alumni, and so on as data sources), Collecting data in the field using participatory observations (observations), interviews depth and documentation. Data analysis techniques with flow models and interactive models proposed by Miles and Huberman are data collection, data reduction, data presentation and conclusions or verification. The results of the study show that character education has several impacts on Islamic boarding schools, which can be viewed from several aspects: 1) The conductivity of the boarding school, 2) The quality of students, based on the results of interviews conducted with teachers and students, it is known that the impact of character education on the quality of students in Pondok Pesantren Nurul Islam Sekarbela Mataram City includes a) Forming religious children, b) In academics, c) In non-academic midwives d) Children have emotional intelligence and e) Building selfconfidence. 3) quality of graduates and 4) quality of teachers

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kontribusi; pendidikan karakter; pondok pesantren; nurul islam
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120110 Architecture of Building for Educational and Research Purposes > 12011007 Pesantren (Islamic Boarding School)
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130107 Sasak, Samawa, and Mbojo Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 06 Mar 2023 03:42
Last Modified: 06 Mar 2023 03:42
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2399

Actions (login required)

View Item View Item