Asyari, Akhmad (2022) Pembinaan akhlak mahmudah di Sekolah Dasar: metode, kendala dan solusi. El Midad: Jurnal PGMI, 14 (1). pp. 121-135. ISSN P ISSN: 2087-8389 and E ISSN: 2656-4289

[img] Text (Artikel Jurnal)
PEMBINAAN AKHLAK MAHMUDAH DI SEKOLAH DASAR METODE, KENDALA DAN SOLUSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (375kB)
[img]
Preview
Image (Sertifikat Akreditasi Sinta)
El Midad-Jurnal PGMI (sertifikat).jpg - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Hasil cek plagiasi)
PEMBINAAN AKHLAQ MAHMUDAH DI SEKOLAH DASAR.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Pendidikan memiliki peran sentral dan vital dalam menyiapkan generasi emas di masa mendatang. Namun hal ini tidak mudah, karena perkembangan teknologi yang semakin pesat dan menimbulkan berbagai retensi tantangan kehidupan yang kompleksdiantaranya berdampak pada perkembangan akhlaq anak diberbagai jenjang termasuk di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pengembangan akhlak anak di sekolah dasar. Penelitian menggunakandeskripftip kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengembangan akhlaq mahmudah di sekolah dasar dapat dikembangkan melalui berbagai metode yaitu; metode keteladanan, pembiasaan positif diluar dan dalam kelas, pemberian nasehat dalam berbagai kesempatan, dan pemberian reward serta hukuman. Pada prakteknya, ada tiga faktor yang kurang mendukung dalam pengembangan akhlaq mahmudah yaitu faktor guru yang ditunjukkan oleh minimnya koordinasi dankekompakan, faktor siswa, pergaulan lingkungan dan minimnta atensi orang tua terhadap perilaku anak

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: akhlaq mahmudah; metode guru; pembiasaan positif dan nasehat
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr. Akhmad Asyari, S.Ag., M.Pd.
Date Deposited: 03 Apr 2023 05:54
Last Modified: 04 Apr 2023 01:55
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2543

Actions (login required)

View Item View Item