Asyari, Akhmad (2022) Strategi guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa. WALADA: Journal of Primary Education, 16 (1). pp. 47-54. ISSN P ISSN: 2962-2662 and E ISSN: 2963-0037

[img] Text (Artikel Jurnal)
STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH SISWA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (209kB)
[img] Text (Hasil cek plagiasi)
STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: http://asalaba.com/index.php/WJoPE/article/view/7

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Kesadaran beribadah merupakan sebuah kondisi dimana seseorang mampu mengendalikan akal, perasaan, dan perilaku untuk mewujudkan keadaan yang lebih baik untuk beribadah melalui proses introspeksi diri. Dari kesadaran beribadah tersebut akan muncul sikap keagamaan siswa yang mendorongnya untuk bertingkah laku sesuai dengan ketaatannya pada agamanya. Guru fiqih MTs Ulil Albab Sangga Lambu selain sebagai pengajar juga bertanggung jawab atas peningkatan kesadaran beribadah siswa agar visi sekolah untuk mencetak siswa yang berakhlakul karimah dapat tercapai. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Tujuan dari penelitian ini ialah: 1) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di MTs Ulil Albab Desa Sangga, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima. 2) Untuk mengetahui strategi guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di MTs Ulil Albab Desa Sangga, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kendala guru fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa adalah kurangnya kesadaran dari diri siswa dalam melaksanakan shalat berjamaah, fasilitas shalat yang kurang memadai seperti mukenah/sajadah, tempat wudhu yang kurang mendukung dan musholahnya yang belum rampung untuk menampung seluruh peserta didik yang akan melaksanakan shalat berjamaah. Strategi guru Fiqih dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa yaitu dengan cara pembiasaan shalat dzuhur berjamaah di sekolah, memberikan nasehat kepada siswa yang tidak mengikuti perintah atau yang malas melaksanakan shalat, baik di dalam kelas maupun di luar kelas dan memberikan hukuman kepada siswa yang tidak mengikuti shalat dzuhur berjamaah berupa menghafalkan bacaan-bacaan shalat

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: guru fiqih; kesadaran beribadah
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dr. Akhmad Asyari, S.Ag., M.Pd.
Date Deposited: 03 Apr 2023 06:08
Last Modified: 04 Apr 2023 02:01
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2547

Actions (login required)

View Item View Item