Komunikasi sosial politik: Aksi, refleksi, dan rekomendasi untuk NTB

Kadri, Kadri (2011) Komunikasi sosial politik: Aksi, refleksi, dan rekomendasi untuk NTB. Larispa, Mataram. ISBN 978-602-8487-20-7

[img]
Preview
Text (Buku)
271.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (675kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pada bagian awal dari buku ini, pembaca akan diajak menyimak fenomena komunikasi dalam konteks Pemilukada; sejak proses penjaringan, kampanye, masa tenang hingga pasca pesta demokrasi rakyat tersebut berakhir. Setelah mengkonsumsi tulisan tentang komunikasi dan Pemilukada, pembaca diarahkan untuk mengikuti tulisan terkait dengan sikap dan perilaku sosial politik para politisi, pejabat daerah dan pusat, aktivis sosial dan organisasi sosial kemasyarakatan. Di bagian akhir buku ini tersaji beberapa pokok pikiran penulis seputar komunikasi sosial dan politik.

Karena berupa kumpulan tulisan dengan topik beragam dan rentan waktu peristiwa yang tidak bersamaan, jangan heran bila dalam buku ini ditemukan beberapa tema hasil potretan puluhan tahun lalu. Buku ini juga tidak tepat dikategorikan sebagai buku reportase atau catatan peristiwa, sebab nuansa akademis tetap terjaga dengan disertakannya kajian teoritis yang memberi nuansa akademis dari setiap peristiwa yang diulas. Setiap topik senantiasa dielaborasi dengan perspektif komunikasi, sehingga buku ini layak berada dalam kumpulan karya tulis di bidang komunikasi, khususnya komunikasi sosial dan komunikasi politik.

Eksistensi buku ini sebagai literatur komunikasi bisa diterima ketika komunikasi dimaknai secara longgar, yakni keseluruhan aktivitas verbal dan nonverbal manusia baik dengan dirinya sendiri maupun bersama orang lain. Makna komunikasi seperti ini memungkinkan tidak adanya ruang dan waktu tanpa hadirnya komunikasi. Manusia tidak mungkin untuk tidak berkomunikasi. Oleh karena itu apapun perilaku manusia merupakan wujud komunikasinya, apalagi itu dilakukan secara sadar oleh para aktor politik, aktivis, dan birokrat sebagaimana banyak diulas dalam buku ini.

Isi buku ini merupakan wujud kontribusi sederhana seorang akademisi yang terus mengamati perkembangan sosial dan politik di tingkat lokal dan nasional. Seluruh tulisan dalam buku ini telah termuat dalam media dan jurnal ilmiah di NTB. Untuk mempermudah pembacaan pokok pikiran penulis secara utuh tentang realitas sosial dan politik di NTB, dirasa penting mengakomodir seluruh tulisan yang terkait dengan sosial-politik dalam satu buku seperti ini.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords (Kata Kunci): komunikasi; pemilukada; sosial politik
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nur aeni S.IPI
Date Deposited: 25 Jun 2019 18:00
Last Modified: 25 Jun 2019 18:00
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/271

Actions (login required)

View Item View Item