Fathurrahman, Fathurrahman (2022) Perkembangan madrasah di Indonesia: kajian historis pada madrasah Nahdlatul Wathan Lombok. Tajdid jurnal pemikiran keislaman dan kemanusiaan, 6 (2). pp. 255-273. ISSN 2549-8983

[img] Text (Artikel Jurnal)
Artikel di jurnal Tajid 2 okto 2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (286kB)
Official URL: https://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/tajdid

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Tulisan ini merupakan studi tentang perkembangan institusi pendidikan madrasah yang ada di Lombok sebagai bagian dari perkembangan social pendidikan Islam di Indonesia. Kemunculan madrasah di Lombok merupakan fenomena modern yang dimulai sekitar abad ke-20 sebagai dampak dari pembaharuan Islam di Indonesia serta kebijakan diskriminatif pendidikan colonial yang tidak berpihak pada masyarakat Muslim. Meskipun bukan madrasah pertama, berdirinya Madrasah Nadhlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) dan Madrasah Nadhlatul Banat Diniyah Islamiyah (NBDI) telah menjadi tonggak pembaharuan pendidikan Islam di pulau Lombok yang berlangsung sejak masa kolonialisme Belanda dan Jepang, masa kemerdekaan di era Orde Lama dan Orde Baru hingga masa reformasi. Perkembangan ini madrasah ini ditandai dengan kemampuan menyesuaikan diri dan berkembang dengan dukungan masyarakat sebagai basis madrasah, keberadaan para tuan guru sebagai pemimpin madrasah dan pesantren serta kemampuan melakukan inovasi dalam merespon perkembangan sosial keagamaan dalam masyarakat Lombok

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: madrasah; pembaharuan islam; politik diskriminatif; NWDI; NBDI
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Fathurrahman M.Ag
Date Deposited: 19 Apr 2023 05:52
Last Modified: 19 Apr 2023 05:52
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2949

Actions (login required)

View Item View Item