Fathurrahman, Fathurrahman (2022) Pendidikan ramah lingkungan: perbandingan program adiwiyata pada sekolah umum dan madrasah. Kreatif: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 20 (2). pp. 112-137. ISSN 2745-6447
![]() |
Text (Artikel Jurnal)
Artikel jurnal Kreatif 2022.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (633kB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
INDONESIA Tulisan ini merupakan studi literatur dari penelitian lapangan terhadap pelaksanaan pendidikan ramah lingkungan pada dua lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Kementerian pendidikan Nasional dan Kementerian Pendidikan Agama. Kedua lembaga ini memiliki ciri khas masing-masing dalam proses menanamkan nilai dan pengetahuan pada siswanya. Madrasah bertumpu pada nilai-nilai agama sebagai ciri khas lembaganya, dan sekolah bertumpu pada nilai-nilai keindonesiaan sebagai basis nilainya. Dalam pelaksanaan internalisasi nilai-nilai ramah lingkungan melalui program adiwiyata pada kedua lembaga ini menunjukkan bahwa tidak adanya perbedaan yang mendasar dalam penanaman nilai ramah lingkungan karena masih bertumpu pada legal teknis procedural program adiwiyata dalam menanamkan nilai-nilai ramah lingkungan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan lingkungan; program adiwiyata; madrasah; sekolah |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Fathurrahman M.Ag |
Date Deposited: | 19 Apr 2023 06:06 |
Last Modified: | 19 Apr 2023 06:06 |
URI: | http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2950 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |