Syauqani, Syamsu and Hidayah, Hairul (2013) Musykilah Tadris al-Lughah al-‘Arabiyah Fi Maharat al-Kitabah al-Insyaiah Fi Qasm al-Lughah Bi al-Madrasah as-Sanawiyah al-Islamiyah al-Hukumiyah as-Saaniy Bi Mataram Li al-‘Aam ad-Dirasiy 2012/2013. el-Tsaqafah: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 10. pp. 207-222. ISSN P-ISSN 2087-3638

[img] Text (Artikel Jurnal)
Edisi 10 Tsaqaafah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)
Official URL: https://

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Bahasa arab sebagai salah satu bahasa internasional sangat urgen dipelajari dalam semua tingkatan pendidikan termasuk didalamnya tingkat pendidikan madrasah tsanawiyah. Dalam proses pembelajaran bahasa arab salah satu kemahiran yang harus dicapai oleh peserta didik adalah kemahiran menulis dalam bentuk karangan yang berbahasa arab. Dalam penelitian ini yang menjadi fokusnya adalah: (1) bagaimana proses pembelajaran bahasa arab dalam bidang kemahiran menulis karangan yang berbahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Kota Mataram tahun pendidikan 2012 – 2013; (2) apa saja problematika yang terdapat dalam proses pembelajaran kemahiran menulis karangan yang berbahasa arab. Penelitian ini bersifat lapangan dengan metode kualitatif yang dimana sumber penelitian berasal dari dokumentasi-dokumentasi, hasil wawancara, observasi. Adapun hasil penelitian ini: (1) proses pembelajaran bahasa arab dalam bidang kemahiran menulis karangan yang berbahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Kota Mataram tahun pendidikan 2012 – 2013 dapat terlihat dengan memulai pembelajaran melalui pengenalan mufrodat dalam bentuk tulisan yang kemudian disusun dalam susunan kalimat yang memiliki makna, selanjutnya peserta didik diminta untuk menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi kalimat yang teratur dan memiliki kesatuan makna; (2) problematika yang terdapat dalam proses pembelajaran kemahiran menulis karangan yang berbahasa arab adalah (a) problematika yang bersumber dari diri siswa seperti tidak memiliki latar belakang pembelajaran bahasa arab sama sekali, tidak mengenal sebelumnya kata-kata bahasa arab yang diajarkan dalam proses pembelajaran kemahiran menulis karangan berbahasa arab. (b) adapun problematika yang bersumber dari proses pembelajaran adalah kurangnya minat peserta didik dalam mempelajari bahasa arab dikarenakan anggapan bahwa belajar bahasa arab itu sulit, kurangnya waktu pembelajaran bahasa arab dimana hanya dua kali dalam satu pekan, hal ini sangatlah kurang di dalam proses pembelajaran kemahiran menulis karangan berbahasa arab.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problematika, Kemahiran Menulis, Bahasa Arab
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200527 Arabic Literature (al-Adab al-‘Arabī) > 20052799 Arabic Literature (al-Adab al-‘Arabī) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Dr Syamsu Syauqani, Lc, MA
Date Deposited: 15 May 2023 07:07
Last Modified: 15 May 2023 07:07
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/3049

Actions (login required)

View Item View Item