Nuruddin, Nuruddin (2023) Pengaruh strata sosial orang tua terhadap pola bergabung siswa kelas V di Sekolah Dasar Islam. El Midad : Jurnal Jurusan PGMI, 15 (1). pp. 46-60. ISSN p-ISSN 2087-8389 e-ISSN 2656-4289

[img] Text (Artikel Jurnal)
PENGARUH STRATA SOSIAL ORANG TUA .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (241kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIUA Perbedaan strata sosial orang tua siswa tentunya akan berbeda pula cara mendidik anak, strata sosial yang tinggi memiliki sumber daya yang lebih mapan dan pengetahuan yang lebih baik dalam mendidik anaknya, sehingga menyebabkan perbedaan pola interaksi sosial anak dalam interaksi sosial di sekolah. sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strata sosial orang tua terhadap pola pergaulan siswa kelas V SD Islam Darussalam Desa Gegerung Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sensus dengan menggunakan 28 responden sebagai sampel. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa pertama, bentuk strata sosial orang tua siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah merupakan bentuk stratifikasi sosial terbuka. Kedua, pola pergaulan siswa di sekolah lebih bersifat komunikasi personal, solidaritas dan gotong royong masih kuat karena berasal dari keturunan yang sama. Strata sosial orang tua berpengaruh signifikan terhadap pola pergaulan siswa kelas V. ENGLISH Differences in the social strata of parents of students will of course also have different methods of educating children, high social strata have more established resources and better knowledge in educating their children, thus causing differences in the pattern of social interaction of children in social interaction at school. This study aims to determine the influence of parents' social strata on the social patterns of fifth-grade students atIslam Darussalam elementary school in Gegerung Village, Lingsar District, West Lombok Regency. The type of research used is field research with a quantitative approach. Sampling was carried out using a census technique using 28 respondents as a sample. Data analysis methods used are validity tests, reliability tests, classic assumption tests, linear regression analyses, and hypothesis testing. The results of the research conducted show that first, the form of social strata of the parents of fifth-grade students at Islamic elementary school is a form of open social stratification. Second, the pattern of association of students at school is more personal communication, solidarity, and mutual cooperation are still strong because they come from the same ancestry. The social strata of parents have a significant effect on the social pattern of fifth-grade students

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: strata sosial; pola pergaulan; orang tua; siswa
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Sosiologi Agama
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 05 Jun 2023 01:39
Last Modified: 05 Jun 2023 01:39
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/3121

Actions (login required)

View Item View Item