Muammar, Muammar and Rasidi, Muhamad Ahyar (2022) Strategi guru dalam mengatasi siswa slow learner di sekolah dasar. Walada: Journal of Primary Education, 1 (1). pp. 6-14. ISSN 2962-2662 (Print) and 2963-0037 (Online)

[img] Text (Artikel)
itqi+6-14.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (221kB)
Official URL: https://asalaba.com/index.php/WJoPE/home

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Pendidikan memiliki peran penting dalam generasi mendatang terlebih di lingkungan sekolah yang menjadi kunci ke dua dalam pendidikan setelah orang tua. Pendidikan merupakan hak asasi setiap warga negara Indonesia. Setiap warga negara termasuk siswa yang memiliki keterlambantan belajar (slow learner) berhak mendapatkan pendidikan layak sebagaimana mestinya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek peneliti meliputi kepala sekolah, guru kelas II, III, dan IV, wali murid dan siswa slow learner. Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dan keabsahan data diuji dengan pengujian triagulasi.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa 1) Adapun strategi yang digunakan oleh guru SDN 2 Sesela Gunungsari dalam mengatasi siswa slow learnerdidalam permasalah belajar mengajar diantaranya yaitu: a) Implementasi Pendekatan pembelajaran merupakan sebagai cara yang ditempuh oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran yang direncanakan agar siswa dapat memahami konsep yang sedang dipahami. b) Implementasi metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan oleh guru untuk mengimplementasikan strategi yang telah disusun dalam kegiatan pembelajaran agar tujuan yang telah disusun tersebut tercapai secara optimal. c) Didalam penerapan suatu strategi pemebelajaran diperlukannya langkah-langkah yang tepat agar nantinya adanya peningkatan aktivitas belajar pada siswa, dalam halini pembelajaran bagi siswa slow learner. d) Adanya dampak positif yang ditimbulkan bagi siswa slow learner. 2) kesulitan yang dihadapi guru dalam mengatasi proses pembelajaran bagi siswa slow learner. Siswa sulit diarahkan dalam menggunakan beberapa media pembelajaran siswa tidak memahami bagaimana penggunaan media tersebut walaupun telah dijelaskan berulangkali. 3) Kegiatan pembelajaran harus dirancang dengan memperhatikan kelemahan yang dimiliki siswa. Artinya cara yang dilakukan oleh guru hasur mampu mengtasi kelemahan siswa dan memanfaatkan kelebihan yang ada pada diri siswa tersebut. Misalnya penekanan pada kesederhanaan cara penyampaian sehingga mudah untuk dipahami bagi siswa slow learner. Siswa slow learner dengan siswa normal mendapatkan materi yang sama dengan metode yang sama selama proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: strategi, guru, dan siswa slow learner
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr. M.Pd. Muammar Muammar
Date Deposited: 26 Jun 2023 04:11
Last Modified: 26 Jun 2023 04:11
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/3250

Actions (login required)

View Item View Item