Muammar, Muammar (2022) Peran relawan literasi melalui pendekatan teaching at the right level (TARL) dalam menyelesaikan permasalahan literasi dasar di sekolah dasar. In: Prosiding Konferensi Nasional PD-PGMI Se-Indonesia. Menguatkan Keunggulan dan Daya Saing Pendidikan Guru MI/SD Indonesia pada Kancah Internasional, 1 (1). Prodi PGMI FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta, pp. 43-56.

[img] Text (Prosiding)
802-Article Text-1590-1-10-20221007.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (312kB)
Official URL: https://conference.uin-suka.ac.id/index.php/prosid...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi literasi dasar siswa di sekolah dasar. Tujuannya juga untuk mendeskripsikan peran relawan literasi melalui Teaching at the Right Level (TaRL) dalam menyelesaikan permasalahan literasi dasar di sekolah dasar.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar yang berada di Pulau Lombok. Subjek penelitian dibatasi pada relawan literasi di LPTK Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram yang berjumlah 54 orang yang tersebar di empat Kabupaten dan satu Kota. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan pengambilan simpulan. Keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan kehadiran peneliti, peningkatan ketekunan, dan triangulasi data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 15 sekolah dasar dengan jumlah siswa 450 orang terdapat 35% atau 157 siswa masih berada di level pemula(belum mengenal huruf dan belum bias membaca), 26% atau 117 siswa masih berada di level huruf, 12% atau 54 siswa masih berada di level kata, 17% atau 77 siswa masih berada di level kalimat, dan 10% atau 45 siswa masih berada di level paragraf dan cerita. Peran relawan literasi melalui pendekatan TaRL dalam menyelesaikan permasalahan literasi dasar di sekolah dasar Pulau Lombok antara lain: (1) siswa diberikan tes terlebih dahulu untuk mengetahui kemampuan membaca siswa atau level kemampuan membaca siswa, (2) mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan membaca sesuai level; dan (3) melaksanakan pembelajaran berdasarkan kemampuan membaca sesuai level.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: literasi dasar, pendekatan teaching at the right level (tarl), pulau lombok, relawan literasi, sekolah dasar
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr. M.Pd. Muammar Muammar
Date Deposited: 26 Jun 2023 04:15
Last Modified: 26 Jun 2023 04:15
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/3251

Actions (login required)

View Item View Item