Tamjidillah, Tamjidillah (2022) Analisis dampak penerapan reward dalam pembelajaran matematika kelas V SDN 2 Terong Tawah Kecamatan Labuapi Tahun Pelajaran 2021/2022. Walada: Jurnal of Primary Education, 1 (2). pp. 37-46. ISSN P ISSN: 2962-2662 and E ISSN: 2963-0037

[img] Text (Artikel Jurnal)
Analisis Danpak Penerapan Reward Dalam Pembelajaran Matematika Kelas V SDN 2 Terong Tawah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (233kB)
Official URL: https://asalaba.com/index.php/WJoPE/article/view/6...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Penerapan reward dalam proses pembelajaran sangat berdampak terhadap pemahaman dan proses pembelajaran Matematika dikarenakan peserta didik akan merasa senang saat kemajuan yang dialami dihargai sehingga peserta didik akan antusias dalam proses pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada 1) Apa saja bentuk-bentuk reward dalam pembelajaran Matematika kelas V SDN 2 Terong Tawah, 2) Bagaimana dampak penerapan reward dalam pembelajaran Matematika kelas V SDN 2 Terong Tawah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif berjenis deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/verification). Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk reward dalam pembelajaran Matematika kelas V ada tiga yaitu pujian, hadiah dan penghormatan. Pujian diterapkan ketika peserta didik dapat menjawab pertanyaan dari pendidik dalam proses pembelajaran. Hadiah diterapkan ketika peserta didik mendapatkan nilai yang tinggi dalam ulangan Matematika. Dan penghormatan diterapkan ketika peserta didik telah selesai mengerjakan tugas. 2) Dampak penerapan reward dalam pembelajaran Matematika kelas V berdampak positif yaitu peserta didik merasa senang dan tertantang mengerjakan tugas ketika diterapkan reward berupa pujian, hadiah, dan penghormatan sehingga minat belajar peserta didik meningkat dan dapat mengerjakan tugas serta boleh pulang

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: analisis; reward; pembelajaran matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr. Tamjidillah H.M. Amin, M.Pd
Date Deposited: 24 Jul 2023 05:53
Last Modified: 24 Jul 2023 05:53
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/3341

Actions (login required)

View Item View Item