Membangun budaya sensitif gender di madrasah

Nurhilaliati, Nurhilaliati (2011) Membangun budaya sensitif gender di madrasah. Fitrah jurnal studi pendidikan, 3 (1). ISSN 2085-7365

[img]
Preview
Text (artikel jurnal)
MEMBANGUN BUDAYA SENSITIF GENDER DI MADRASAH.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.stit.sunangiribima.ac.id

Abstract

INDONESIA

Secara konstitusi, kedudukan madrasah telah diakui sebagai bagian integral dari sistem pendidikan nasional, dengan telah dikeluarkannya Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Pada sisi lain, perubahan paradigma dan kemajuan pandangan tentang relasi laki-laki dan perempuan telah melahirkan berbagai undang-undang baik secara nasional maupun internasional. Untuk skala Indonesia, salah satu implikasi dari keberadaan peraturan dan undang-undang tersebut adalah munculnya wacana gender mainstreaming yang berkaitan dengan kebijakan bermuatan keadilan dan kesetaraan gender yang harus diterapkan dalam setiap institusi. Menciptakan budaya sensitive gender di madrasah merupakan salah satu implementasi dari wacana tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords (Kata Kunci): budaya sensitive-gender-kekerasan-madrasah
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurhilaliati Hilal
Date Deposited: 22 Jul 2019 07:14
Last Modified: 22 Jul 2019 07:14
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item View Item