Sobry, M. and Fattah, Abdul (2018) Horizon ilmu dasar-dasar teologis, filosofis, dan model implementasinya dalam kurikulum dan tradisi ilmiah UIN Mataram: Kajian pendidikan mengulas seputar integrasi keilmuan. In: Horizon ilmu: Dasar-dasar teologis, filosofis, dan model implementasinya dalam kurikulum dan tradisi ilmiah UIN Mataram. Pustaka Lombok, Lombok, pp. 169-177. ISBN 978-602-5423-07-9

[img] Text (Buku)
Text (2).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (373kB)
[img] Text (Cek Plagiasi)
Horizon Ilmu (1).pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)
[img] Text (Peer Review)
Peer Review.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (473kB)
[img] Text (Peer Review)
Potensi kreatif.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (456kB)

Abstract

INDONESIA Kebutuhan manusia akan pendidikan merupakan suatu yang sangat mutlak dalam hidup ini, dan manusia tidak bisa dipisahkan dari kegiatan pendidikan. Peranan pendidikan dapat mengubah manusia dalam pemikiran, perasaan, dan perbuatannya ke arah yang lebih baik. Karena itu, pendidikan dapat memberi corak baru kepada peradaban dan kebudayaan masyarakat. Pendidikan merupakan hal yang sangat strategis dalam membangun sebuah peradaban, khususnya peradaban yang Islami. Bahkan, ayat pertama diturunkan oleh Allah sangat berhubungan dengan pendidikan. Sebagai sebuah aktivitas yang bergerak dalam proses pembinaan kepribadian Muslim, maka pendidikan dalam Islam memerlukan dasar yang dijadikan landasan operasional proses pendidikan. Dasar tersebut yang akan membuat pendidikan berjalan sesuai dengan apa yang telah diprogramkan. Di dalam al-Qur’an dan Hadith sebagai sumber utama ajaran Islam, dapat ditemukan berbagai penjelasan yang berkaitan dengan pendidikan. Dalam hal ini, hakikat pendidikan adalah membina manusia untuk mencapai derajat kemuliaan. Untuk mencapai derajat kemuliaan, manusia perlu memiliki ilmu. Dalam proses pendidikan, integrasi antara ilmu agama dengan ilmu umum sangat diperlukan. Dengan demikian, dikotomi antara ilmu agama dan ilmu umum harus dihapuskan. Dengan konsep ini agama Islam dapat diharapkan, kualitas pendidikannya sebagai ulama yang intelektual danintelek yang ulama. Pengintegrasian keilmuan (antara ilmu agama dengan ilmu umum) dalam proses pendidikan di Fakultas Tarbiyah khususnya dan lembaga pendidikan Islam umumnya, diharapkan akan mampu melahirkan manusia Muslim yang kompeten, mampu menjawab tantangan lokal,nasional, global, serta berakhlak mulia.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: istiqamah; kaffah; kompetenti personal
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130311 Indonesian Peoples Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 17 Mar 2021 02:17
Last Modified: 27 Jun 2023 04:09
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/369

Actions (login required)

View Item View Item