Praktik operasional perbankan syariah

Miharja, Jaya (2019) Praktik operasional perbankan syariah. Elhikam, Lombok. ISBN 978-602-7644-61-2

[img]
Preview
Text (Buku)
383.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Keuangan syariah di Indoesia telah berkembang lebih dari dua dekade sejak beroperasinya Bank Syariah. Perkembangan keuangan syariah telah membuahkan berbagai prestasi,dari makin banyaknya produk dan layanan hingga berkembangnya infrastruktur yang mendukung keuangan syariah. Bahkan di pasar global, Indonesia termasuk dalam sepuluh besar negara yang memiliki indeks keuangan syariah terbesar di dunia. Namun demikian, market share keuangan perbankan syariah belum dapat mengimbangi pertumbuhan market share keuangan konvensional. Hal ini dapat dilihat dari pangsa pasar (market share) keuangan syariah yang secara keseluruhan masih dibawah 5%.
Perkembangan industri keuangan syariah di Indonesia sangat menggembirakan. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, banyak bermunculan institusi bisnis syariah baru. Saat ini tercatat telah hadir 33 Bank Syariah, 46 Lembaga Asuransi Syariah, dan 17 Mutual Fund berdasarkan syariah. Pencapaian ini menjadikan Indonesia sebagai Negara yang memiliki lembaga keuangan syariah terbanyak di dunia, meskipun volume bisnisnya belumlah terlalu besar. Kondisi ini paling tidak mengisyaratkan dua hal. Pertama, keuangan syariah secara bisnis cukup menguntungkan, sehingga menarik minat para pelaku untuk mendirikan lembaga keuangan berbasiskan syariah. Kedua, pangsa pasar yang masih kecil berpeluang untuk digarap secara lebih serius sehingga menjadi besar dan berkembang.
Bank Syariah adalah salah satu ujung tombak praktik bisnis syariah yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. beragam produk dan layanan perbankan berbasis system syariah yang ditawarkan oleh bank syariah. Fitur produknya menarik. Para penabung dan deposan akan mendapatkan keuntungan berupa bagi hasil yang cukup bersaing. Layanan pembiayaan yang diberikan menggunakan mekanisme yang saling menguntungkan antara nasabah dan bank. Dukungan teknologi juga tidak kalah canggih dibandingkan perbankan pada umumnya. Keunggulan-keunggulan tersebut sayangnya belum dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Hal ini boleh jadi disebabkan karena masih minimnya pengetahuan masyarakat mengenai bank syariah dan kurangnya sosialisasi oleh perbankan syariah itu sendiri.
Saya menyambut baik diterbitkannya buku ini, sebagai salah satu ikhtiar untuk lebih memperkenalkan layanan perbankan syariah. Buku ini sangat bermanfaat bagi para pelaku bisnis yang ingin lebih mengenal mengenai praktik operasional dari perbankan syariah. Penjelasannya praktis dan mudah dipahami. Saya rasa ini adalah salah satu buku rujukan yang simple yang berbicara mengenai begaimana praktik operasional di Bank Syariah, diantara buku-buku bertema perbankan syariah yang sudah ada.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords (Kata Kunci): Bank Syari'ah; dana; rekening koran
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Bisnis islam
Depositing User: Nur aeni S.IPI
Date Deposited: 06 Sep 2019 07:53
Last Modified: 06 Sep 2019 08:00
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item View Item