Problematika Pembelajaran PAI pada anak-anak (siswa) jemaat Ahmadiyah di keluarga dan sekolah: Studi kasus Jemaat Ahmadiyah di Wisma Transito Kota Mataram

Azkar, Muh. (2018) Problematika Pembelajaran PAI pada anak-anak (siswa) jemaat Ahmadiyah di keluarga dan sekolah: Studi kasus Jemaat Ahmadiyah di Wisma Transito Kota Mataram. [error in script]. Pusat Penelitian Dan Publikasi LP2M UIN Mataram, Mataram. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Laporan Penelitian)
387 Laporan Penelitian.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (803kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Penelitian)
387 Artikel Penelitian.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (251kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Penelitian ini merupakan usaha mengkaji secara mendalam terhadap dua permasalahan. Pertama, pendidikan agama pada keluarga jemaat Ahmadiyah Wisma Transito Kota Mataram. Sedangkan kajian yang kedua pendidikan agama yang dilakukan oleh sekolah, dan anak-anak Ahmadiyah bagian dari peserta didik di sekolah tersebut. Hal ini menarik untuk dikaji, sebab dalam hal materi pembelajaran agama di keluarga dan sekolah, terdapat perbedaan pada materi tentang kenabian.
Hasil kajian dari penelitian akan dipublikasikan dalam bentuk artikel yang memiliki nilai publisitas berskala nasional dan melalui jurnal nasional. Penelitian dilaksanakan di keluarga jemaat Ahmadiyah yang tinggal di Wisma Transito Kota Mataram. Adapaun sekolah yang menjadi pilihan lokasi adalah SDN 42 dan SMPN 16 Kota Mataram. Sebab kedua sekolah tersebut merupakan sekolah yang paling dekat dengan Wisma Transito sehingga menjadi sekolah dengan siswa Ahmadiyah yang paling banyak di Kota Mataram. Secara metodologis, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam, observasi, dokumenter. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menempuh langkah-langkah sebagai berikut: data reduction, data display, dan conclusion drawing/verifying.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, dalam keluarga Ahmadiyah, pembelajaran agama Islam dilakukan sebagai upaya pewarisan nilai dan keyakinan oleh Jemaat Ahmadiyah terhadap anak-anak. Melalui pembelajaran agama ini eksistensi Ahmadiyah akan terus berlangsung. Pembelajaran agama dilakukan oleh Jemaat Ahmadiyah secara kolektif di lembaga pra madrasah yang diadakan di Masjid Transito. Materi-materi yang diajarakan di Pra Madrasah adalah al-Qur’an, Hadits, Fiqih, Akhlak, dan sejarah Ahmadiyah. Kedua, pembelajaran PAI di sekolah pada siswa yang berasal dari jemaat Ahmadiyah Wisma Transito berlaku sebagaimana sekolah-sekolah umumnya dengan mengacu pada kurikulum 2013 yang ada. Tidak ada perbedaan perlakuan dari segi proses dan materi PAI bagi siswa yang berasal dari keluarga Jemaat Ahmadiyah. Materi-

materi yang diajarkan di sekolah berdasarkan apa yang menjadi kesepakatan mayoritas, termasuk keimanan kepada Nabi Muhammad. Tidak ada penekanan khusus pada materi-materi PAI bagi siswa Ahmadiyah. Padahal seharusnya sekolah dimana Jemaat Ahmadiyah bersekolah dapat dijadikan sarana melakukan tindakan preventif oleh pemerintah dan umat Islam mayoritas.
Hasil penelitian tersebut menambah wawasan tentang proses doktrinisasi ajaran oleh jemaat Ahmadiyah terhadap anak-anak sebagai generasi penerus mereka. Pendidikan agama khususnya dalam keluarga merupakan proses pendidikan yang paling efektif dalam pewarisan nilai-nilai agama. Pendidikan dalam keluarga jemaat Ahmadiyah juga merupakan upaya dalam menjaga dan mewariskan ajaran-ajaran dan keyakinan mereka.
Pendidikan agama di sekolah bagi siswa jemaat Ahmadiyah tidak memiliki pengaruh yang signifikan walaupun dengan materi-materi yang sedikit berbeda dengan keyakinan Ahmadiyah. Dalam artian bahwa materi pendidikan agama yang diberikan di sekolah tidak dapat serta merta mengembalikan siswa jemaat Ahmadiyah pada keyakinan mayoritas. Hal tersebut disebabkan karena sedikitnya jam belajar PAI di sekolah dibandingkan dengan jam belajar di rumah. Di samping itu juga disebabkan karena tidak adanya upaya dalam memaksimalkan PAI pada siswa jemaat Ahmadiyah terutama pada materi-materi tentang kenabian

Item Type: Monograph ([error in script])
Uncontrolled Keywords (Kata Kunci): Ahmadiyah; pendidikan; keluarga
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pendidikan Sosial
Depositing User: Nur aeni S.IPI
Date Deposited: 12 Sep 2019 07:54
Last Modified: 12 Sep 2019 07:54
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/387

Actions (login required)

View Item View Item