Laku dramatis politisi NTB menjelang PILGUB 2018: Tinjauan etika politik Islam

Nurjihadi, Ahmad (2017) Laku dramatis politisi NTB menjelang PILGUB 2018: Tinjauan etika politik Islam. [error in script]. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Mataram. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Laporan Penelitian)
417.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (688kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Penelitian ini mengambil tema “Laku Dramatis Politisi NTB Menjelang PILGUB NTB 2018. Fokus penelitian berusaha menjawab bagaimana Laku Dramatis yang dimainkan oleh Politisi NTB menjelang Pilkada PILGUB NTB 2018 dan bagaimana Analisis Etika Politik Islam terhadap laku dramatis Politisi NTB. Karakter penelitian ini adalah penelitian fenomenalogis yang akan membongkar paradigma, etikadanmoralitaspolitik yang mendasari laku tindakan politik politisi NTB. Teknis analisis yang digunakan ada lahan alisis fenomen asistemik yang berusaha mengurai laku dramatis politisi dan menakarnya dengan analisis etika politik Islam.
Paradigma besar besar penelitian ini adalah bahwa etika etika politik memiliki tiga dimensi yaitu tujuan, sarana dan aksi politik itu sendiri. Pada dimensi tujuan bila diurai dan dikontekstualisasi dengan fenomena pilkada, maka tujuan suksesi adalah upaya sadar laku politik dalam upaya peremajaan dan pergantian kepemimpinan yang tujuannya tidak lain adalah peningkatan akseleratif pada tujuan-tujuan politik pilkada dalam rangka memacu dengan lebih cepat upaya penyejahteraan masyarakat dengan monitoring kuat dari etika politik yang santun, beradab dan berkeadilan. Sedangkan pada dimensi sarana, opsi perhelatan pilkada langsung merupakan instrumen terbaik dalam rangka mendapatkan kualitas kontestasi politik yang terbuka dan memberi partisipasi penuh kepada warga masyarakat. Pada dimensi aksi politik berkaitan erat dengan prilaku politisi yang harus menjadikan etika politik yang santun, berkeadaban dan berkeadilan menjadi guidingdi setiap prilaku politik yang selalu memenangkan hati konstituen dan rakyat sebagai wujud memberikan hak kedaulatan pada rakyat.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa Laku Dramatis yang dimainkan oleh Politisi NTB menjelang Pilkada memiliki beberapa kecenderungan yaitu;pertama, A dan B mencalonkan diri menjadi Gubernur NTB 2018 padahal masa baktinya baru berjalan kurang dari 2 Tahun. Kedua, Fenomena perempuan dan kecenderungan politik dinasti Berkah. Ketiga, kecenderungan politisi nasional turun gunung

Item Type: Monograph ([error in script])
Uncontrolled Keywords (Kata Kunci): laku dramatis; politisi NTB; etika politik Islam
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160512 Social Policy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Nur aeni S.IPI
Date Deposited: 09 Oct 2019 07:15
Last Modified: 09 Oct 2019 07:15
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/417

Actions (login required)

View Item View Item